Lingkungan

Taman Safari Indonesia Paksa Orangutan Hibur Manusia, IFOTA dan Scorpion Mengecam

Taman Safari Indonesia Paksa Orangutan Hibur Manusia, IFOTA dan Scorpion Mengecam
Petugas Taman Safari Indonesia terkesan dengan sengaja memaksa Orangutan menghibur manusia. [Istimewa]

ACEHTERKINI.COM | Pegiat konservasi geram melihat sikap dari Taman Safari Indonesia yang sengaja memaksa Orangutan melakukan aksi untuk menghibur masyarakat dalam sebuah pertunjukan. Directur Indonesian Friends of the Animal (IFOTA) dan Yayasan Scorpion Indonesia mengecam aksi tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang diterima acehterkini, Jum’at (18/9/2015), Marison Guciano dari IFOTA mengatakan Orangutan di Taman Safari Indonesia dipaksa berfoto bersama dengan manusia. Kemudian para pengunjung didorong untuk menertawai Orangutan.

“Saya minta aksi itu dihentikan demi kebaikan kita bersama,” kata Guciano seraya mengatakan species Orangutan sudah terancam punah dan sering dijadikan Icon Nasional.

Menurut Guciano bagi Orangutan, kebun binatang adalah penjara tanpa ada harapan untuk dilepasliarkan. Mengeksploitasi mereka untuk hiburan dan untuk mencari uang adalah suatu tindakan yang kejam.

“Kami meminta masyarakat Indonesia untuk tidak mengunjungi kebun binatang yang menggunakan orangutan untuk hiburan umum demi keselamatan mereka sendiri serta kesejahteraan orangutan,” ungkap Marison Guciano.

Sementara itu, Direktur Program pada Yayasan Scorpion Indonesia, Gunung Gea mengatakan, kontak langsung dengan manusia dapat mematikan Orangutan. Penyakit yang diderita manusia seperti TB, Tipus, Hepatitis B dan Hepatitis C dapat dengan mudah menular dan mengancam nyawa Orangutan.

“Memberi peluang untuk melakukan kontak langsung antara manusia dengan Orangutan adalah tindakan yang tidak bertanggungjawab,” terang Gunung Gea.

“Kebun binatang di Indonesia selalu memperlakukan spesies kera besar ini dengan cara penghinaan,” kata Gunung Gea yang juga Wakil Ketua Forum Konservasi Orangutan Sumatera (FOKUS).

Sulitnya mendapat informasi dari Pengelola Taman Safari Indonesia terkait masalah ini, acehterkini masih menunggu klarifikasi terhadap keluhan dari pegiat konservasi tersebut. [Red]

To Top