Nasional

Syarat Cuma Pasport, Orang Asing Buka Rekening Minimal USD50.000

ACEHTERKINI.COM | Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman menyebutkan, dari angka-angka statistik, kurang lebih ada sekitar 10-12 juta orang setiap tahun datang ke Indonesia sebagai turis.

Ia meyakini, dari 10-12 juta orang itu adalah orang yang datang secara ruti, artinya, sebagai frequency visitor yang datang dengan berbagai alasan, bisa ada urusan bisnis, ada urusan dagang, ada urusan keluarga, urusan sekolah, dsb.

“Kepada mereka kemudian kita berikan kemudahan-kemudahan, karena tentu saja kemudahan ini ditujukan untuk mendorong aktivitas mereka di Indonesia,” kata Muliaman.

“Kami sudah menetapkan, dan ini mulai berlaku sejak pekan depan karena suratnya akan kami kirimkan dalam pekan ini, yaitu bahwa pembukaan rekening senilai 50.000 dollar AS (US$ 50.000) cukup dilakukan dengan hanya menunjukkan paspor dari yang bersangkutan,” terang Muliaman dikutip dari laman Setkab, Rabu (9/9/2015).

Mengenai kemungkinan orang asing membuka rekening di bank nasional dengan nilai lebih dari 50.000 dollar AS, Ketua OJK Muliaman Hadad mengatakan, tentu saja akan dilakukan customer due diligence tetapi  ia memastikan, customer due diligence yang  dilakukan adalah yang sederhana.

“Nanti  ada persyaratan yang akan kami sampaikan, yaitu paspor ditambah dengan surat keterangan tambahan, ya apakah bukti tinggal, ataukah kemudian surat keterangan istri, dan lain sebagainya,” terang Muliaman seraya menyebutkan, semuaya itu akan diutarakan, dituangkan di dalam surat kepada bank-bank devisa di Indonesia. [Red]

To Top