Hukum

Polda Aceh Catat 12 Kasus Kriminal Kelompok Din Minimi

Polda Aceh Catat Ada 12 Kasus Kriminal Kelompok Din Minimi
Kombes Pol T. Saladin

ACEHTERKINI.COM | Tim Polda Aceh mencatat ada puluhan kasus yang dilakukan oleh kelompok bersenjata Din Minimi sepanjang tahun 2013 sampai 2015.

Kepala Humas Polda Aceh, Kombes Pol. T. Saladin mengatakan ada 12 kasus yang dilakukan Kelompok Din Minimi. Umumnya adalah kasus penculikan dan pemerasan.

“Kasus pertama yang dilakukan Nurdin Ismail alias Din Minimi yaitu pada 16 Juli 2013,” kata Saladin dalam paparannya di acara Diskusi Publik yang bertajuk “Kelompok Din Minimi Dibunuh atau Disentuh” Sabtu, (5/9/2015).

Kegiatan ini digagas PW KAMMI Aceh di Lantai II Gedung Kesbangpol Linmas Aceh dengan mengundang ratusan peserta dari mahasiswa, LSM, Akademisi dan wartawan.

Kombes Pol. T Saladin mengatakan himbauan agar Din Minimi  Csmenyerahkan diri itu sudah berulang-kali disampaikan. “Apapun alasan Din Minimi Cs melakukan tindakan kriminal itu bukan alasan pembenar, kasus tetap diproses, menyerahkan diri itu nanti pertimbangan dari hakim,” kata mantan Kapolres Bireuen ini.

Ia menambahkan catatan kriminal Din Minimi merupakan hasil laporan dari masyarakat. “Semua informasi itu kita dapat dari masyarakat, ini artinya kelompok bersenjata di Aceh sudah merupakan musuh masyarakat,” tegas Saladin.

Kasus yang pertama dilakukan Din Minimi Cs adalah pada 16 Juli 2013. Kemudian hingga 5 Agustus 2015, jumlahnya sudah 12 kasus yang umumnya adalah penculikan dan pemerasan.

Sedangkan anggota Din Minimi Cs yang sudah ditangkap Polda Aceh sebanyak 29 orang dan 5 orang diantaranya meninggal dunia. Polda Aceh juga berhasil menyita 18 senjata laras panjang, 3 senjata laras pendek, 2 pucuk GLM, 1 granat manggis dan 4.422 butir amunisi.

Akhir paparannya Saladin mengatakan sebagian peluru yang berhasil diamankan itu ada yang lama dan ada yang baru.

Diundang sebagai narasumber acara itu, Kombes Pol. T Saladin mengikut-sertakan tim Polda yaitu Wadir Reskrimum Polda Aceh, AKBP Subekti dan Dir Intelkam Polda Aceh, Khaidir Siregar. [Fir]

To Top