Politik

Persiapan Pilkada Aceh, DPRA akan Bentuk Pansel Rekrut Panwaslih

Persiapan Pilkada Aceh, DPRA  akan Bentuk Pansel Rekrut Panwaslih
Rakor Komisi A DPRK Seluruh Aceh Terkait Rekruitmen Panwaslih, 29 September 2015

ACEHTERKINI.COM | Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) akan membentuk Panitia Seleksi (Pansel) untuk merekrut Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di Aceh pada tahun 2017 mendatang.

Persiapan pembentukan Pansel ini mencuat dalam Rapat Koordinasi  dengan Komisi A DPRK se Aceh, Selasa (29/9/2015) di Ruang Serbaguna DPRA.

Ketua DPRA, Tgk. Muharuddin mengatakan persiapan ini untuk menghindari konflik regulasi terkait rekruitmen anggota Panwaslih Aceh dan Panwaslih Kabupaten Kota.

Menurutnya perekrutan Panwaslih di Aceh masih mengalami perbedaan pandangan antara Pemerintah Aceh dengan Bawaslu RI.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRA, Abdullah Saleh yang memimpin rapat tersebut mengatakan rencana perekrutan Panwaslih sudah sesuai secara Pasal 60/2006 UUPA, Qanun Aceh No.7/2007 dan Qanun Aceh No.5/2012.

“Soal perekrutan Panwaslih bukan soal kepentingan DPRA, namun untuk kepentingan bersama,” ujar Abdullah Saleh.

Ia menerangkan, Panwaslih nantinya dipilih oleh Panitia Seleksi (Pansel) yang dibentuk oleh Komisi I ditingkat provinsi dan Komisi A ditingkat kabupaten kota.

Kemudian hasil seleksi Pansel diserahkan ke masing-masing Komisi I/Komisi A untuk diserahkan ke Pimpinan dan di Paripurnakan.

Sedangkan kewenangan Panwaslih nantinya hanya berkewenangan mengawasi Pilkada (Pilgub, Pilbup dan Pilwalkota) dengan sumber anggaran dari APBA dan APBK. [Red]

To Top