Hukum

Pemkab Abdya Alokasikan Rp 40 Juta untuk Hukuman Cambuk

Pemkab Abdya Alokasikan Rp 40 Juta untuk Hukuman Cambuk
Hukuman Cambuk di Aceh Besar [Kompasiana]

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengalokasikan dana untuk pelaksanaan hukuman cambuk sebesar Rp 40 juta melalui APBK Tahun 2015.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Syariat Islam, Aceh Barat Daya Mukhtaruddin kepada acehterkini, usai eksekusi cambuk 11 orang pelaku maisir, Jum’at (18/9/2015).

Dikatakannya untuk tahun 2016, belum diketahui secara pasti berapa alokasi yang dianggarkan untuk pelaksanaan hukuman cambuk di Abdya.

“Kita belum tahu anggaran tahun 2016, termasuk tiga orang pelaku maisir yang hari ini, Jum’at gagal di cambuk, semua tergantung biaya,” ungkap Mukhtaruddin.

Sebelumnya Kasie Pidana Umum Kejari Blangpidie, Fahmi SH mengakui semua biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan eksekusi hukuman cambuk sepenuhnya ditanggung Pemerintah Kabupaten Abdya.

Ada beberapa pelaku maisir dan khalwat yang diproses pada tahun-tahun sebelumnya. Kata Fahmi, semua belum bisa dieksekusi lantaran ketidaktersedianya dana yang mendukung dari Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya. [Rizal]

To Top