Sosial

Muzakir Manaf Lihat Infrastruktur yang Rusak Pasca Banjir di Abdya

Muzakir Manaf Lihat Infrastruktur yang Rusak Pasca Banjir di Abdya
Mualem bersama Wabub Abdya mengunjungi infrastruktur yang rusak pasca Banjir di Abdya, 15 September 2015 [Rizal]

ACEHTERKINI.COM | Wakil Gubernur (Wagub) Aceh Muzakir Manaf meninjau sejumlah infrastruktur yang rusak akibat banjir yang melanda Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada Minggu (13/9/2015) lalu.

Mualem demikian sapaan akrab Wagub Aceh, tiba di Abdya, Selasa (15/9/2015) sekitar pukul 15.30 WIB melalui jalur darat setelah terlebih dahulu berada di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Didampingi Wakil Bupati Abdya Erwanto SE MA, Mualem menijau jembatan putus di Desa Ujung Tanah, Kecamatan Setia akibat diterjang arus air.

Selain itu, Mualem juga meninjau Irigasi Free Intake Krueng Baru, Desa Kayee Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Abdya yang jebol karena tak sanggup menahan arus air yang sangat kencang efek dari pembuatan bendungan non teknis untuk Irigasi Intake wilayah Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan.

Dalam perjalanan dari Kecamatan Setia menuju Krueng Baru, Mualem juga sempat meninjau gorong-gorong yang dipasang di bawah badan jalan Nasional, untuk kelancaran proses pengairan di areal persawahan Paya Laot, Desa Lhueng Baro, Kecamatan Manggeng.

Dimana sudah puluhan tahun padi petani setempat sering terendam air akibat sempitnya gorong-gorong lama yang tertanam dibawah badan jalan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya Rahwadi, Rabu (16/9/2015) mengatakan Wagub Aceh Muzakir Manaf telah memerintahkan pihak Bina Marga Aceh untuk segera menanggulangi jembatan putus tersebut dengan jembatan bailey.

Sementara terkait dengan irigasi krueng baru yang jebol, Wagub juga sudah memerintahkan instansi lainnya agar segera memperbaikinya.

“Kita sudah diperintahkan untuk menjemput rangka jembatan bailey itu di Banda Aceh, mungkin dalam waktu dekat akan segera kita bawa pulang jembatan rangka baja itu ke Abdya,” ungkapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pasca banjir di Abdya sejumlah infrastruktur rusak, selain itu hasil panen padi petani juga ikut hanyut dan terendam oleh lumpur, ditaksir petani Abdya mengalami kerugian ratusan juta rupiah. (Rizal)

To Top