Layanan Publik

Masalah Jumlah Penduduk, Abdya Butuh Regulasi Pemekaran Gampong

Masalah Jumlah Penduduk, Abdya Butuh Regulasi Pemekaran Gampong
Hanafiah AK, SH, MM

ACEHTERKINI.COM | Persoalan 20 Gampong (Desa) Persiapan yang bernaung di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), pihak Pemerintah Kabupaten Abdya berharap kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) agar memberikan regulasi khusus untuk Aceh terutama di Abdya.

Pasalnya, dalam Undang- Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014, dinyatakan bahwa syarat untuk menjadi desa definitif harus memiliki jumlah penduduk sekitar 4.000 jiwa atau 800 kepala keluarga (KK).

Sementara di Kabupaten Abdya sendiri, jumlah warga dalam satu desa persiapan tidak sampai di atas dua ribuan justru di bawahnya. Jumlah warga yang paling banyak di Desa Persiapan Blang Raja yakni sekitar 1.237 jiwa, sementara paling sedikit di Desa Persiapan Mon Mameh hanya 318 jiwa.

“Oleh karena itu, kita meminta dukungan dari berbagai pihak agar sedapat mungkin memberikan regulasi khusus untuk Aceh terutama untuk Kabupaten Abdya, mengingat syarat jumlah penduduk itu,” kata Asisten Pemerintahan Setdakab Abdya, Hanafiah AK SH MM, Senin (21/9/2015) diruang kerjanya.

Dikatakan Hanafiah, jauh sebelum undang-undang itu lahir, Desa Persiapan di Kabupaten Abdya sudah lama berdiri yakni sejak tahun 2006 bersamaan dengan pemekaran Kecamatan Setia dan Lambah Sabil.

“Dipertengahan bulan Maret lalu, kita sudah bertemu dengan Komisi 2 DPR RI, untuk membahas masalah undang-undang tentang desa itu, malahan kita sudah menceritakan bahwa desa persiapan itu sudah ada sebelum undang-undang itu lahir,” tutur Hanafiah.

Disamping itu, Hanafiah juga memberitahukan kalau, saat ini sedang di susun Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) tentang pemekaran desa.

“Kita tunggu saja, semoga semua desa yang ada di Abdya bisa segera didefinitifkan,” tambahnya.

Dari sembilan kecamatan di Abdya, hanya delapan kecamatan yang memiliki desa persiapan, berikut table lengkapnya :

No
Kecamatan
Desa Persiapan
1
Lembah Sabil
Desa Tokoh II
Desa Kayee Aceh
2
Manggeng
Desa Pante Cermen
3
Setia
Desa Mon Mameh
Desa Cinta Makmur
Desa Kuta Murni
4
Blangpidie
Desa Babah Lhueng
5
Susoh
Desa Geulima Jaya
6
Jeumpa
Desa Alue Seulaseh
Desa Jeumpa Barat
7
Kuala Batee
Desa Drien Beurumbang
Desa Rumah Panyang
Desa Krueng Panto
8
Babahrot
Desa Simpang Gadeng
Desa Teladan Jaya
Desa Blang Raja
Desa Rukon Damai
Desa Lhok Gayo
Desa Alue Dawah
Desa Cot Seumantok

“Hanya Kecamatan Tangan-Tangan yang tidak ada desa persiapan, cuma kita lihat saja undang Permendagri ini, semoga saja terkabulkan permohonan kita,” demikian singkatnya. (Rizal)

To Top