Sosial

LSM : Pemerintah Aceh Perlu Memperbaiki Regulasi Tata Ruang

LSM : Pemerintah Aceh Perlu Memperbaiki Regulasi Tata Ruang

ACEHTERKINI.COM | Direktur LSM Silfa, Irsadi Aristora mengatakan Qanun Aceh Tentang Tata Ruang Wilayah dinilai salah dan tidak sesuai prosedur.

Menurut Irsadi Pemerintah Aceh telah menetapkan Qanun Aceh Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah. “Berbagai upaya sudah dilakukan LSM dan coba membantu memperbaiki tata ruang yang salah tersebut,” tulis Irsadi, Kamis (17/9/2015).

Advokasi yang dilakukan LSM terkait masalah tata ruang itu, kata Irsadi untuk mendorong Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh melakukan perbaikan kebijakan tata ruang tersebut.

Perlu diingat bahwa RTRW Aceh secara prosedural pembentukannya dinilai cacat karena tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 2008 tentang Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Daerah.

Selain cacat prosedural, RTRW Aceh juga dinilai tidak sesuai dan atau bertentangan substansinya dengan aturan lebih tinggi sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 26 Tahun 2008 tentang rencana tata ruang wilayah nasional Jo. Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2010 tentang penyelenggaraan penataan ruang. [red]                                      

To Top