Sosial

Jelang HUT TNI, Kodim Abdya Donor Darah

Jelang HUT TNI, Kodim Abdya Donor Darah
Kodim 0110 Abdya Melakukan Kegiatan Donor Darah Menjelang HUT TNI Ke 70, 30 September 2015

ACEHTERKINI.COM | Dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-70, Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) setempat dibantu tenaga medis dari Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) Abdya, mengumpulkan puluhan kantong darah untuk disumbangkan bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono SIP, disela kegiatan donor darah yang berlansung di bawah pohon rindang Kodim setempat, Rabu (30/9/2015) mengatakan, donor darah ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT TNI Ke-70.

Sejumlah personel TNI dijajaran Kodim 0110/Abdya, personel Polres Abdya dan sejumlah masyarakat setempat dengan suka rela memberikan setetes darah demi menyelamatkan nyawa manusia lainnya.

Kegiatan ini, lanjut Dandim Suhartono, bekerja sama dengan PMI Abdya yang dibantu oleh tim medis dari RSUTP Abdya.

“Kita berharap sebagai amal bhakti terhadap NKRI, darah yang disumbangkan tersebut akan sangat bermanfaat untuk masyarakat yang sedang membutuhkan,” tuturnya.

Menurut salah satu anggota PMI Kabupaten Abdya, Indah, mengatakan bahwa, kegiatan donor darah seperti di bawah pohon rindang Kodim Abdya tersebut merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunya dilakukan saat menyambut hari-hari bersejarah.

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, karena merupakan bentuk kepedulian kepada sesama, terutama menjadi donor darah secara sukarela,” tuturnya.

Dikatakan Indah, menjadi donor darah harus memenuhi syarat antara lain, usia minimal 18 tahun, berat badan 45 Kg, kadar hemoglobin 12,5, tidak mengidap penyakit berat, dan tidak boleh bagi ibu pasca melahirkan atau sedang menyusui.

“Setiap acara ini digelar kita bisa memperoleh 20 sampai 50 kantong darah dari pendonor,” kata Indah. [Rizal]

To Top