Peristiwa

Hujan dan Petir Masih Melanda Aceh

ACEHTERKINI.COM | Hujan dengan intensitas ringan dan sedang masih melanda Aceh dalam tiga hari kedepan. Pertumbuhan petir juga akan terjadi di wilayah barat, tenggara Aceh.

Prakirawan Cuaca di Stasiun Meteorologi BMKG Blang Bintang, Nasrul saat dihubungi acehterkini, Senin (14/9/2015) mengatakan provinsi ujung barat pulau Sumatera ini memasuki transisi tahap pertama yang akan diwarnai oleh aktifitas pertumbuhan petir di wilayah barat dan tenggara Aceh. “Aktifitasnya banyak muncul di sana,” ujar Nasrul.

Ia menjelaskan hujan dengan intensitas ringan dan sedang juga akan terjadi di Banda Aceh dan Aceh Besar tiga hari kedepan. “Aktifitas ini banyak terjadi sore dan malam hari,” kata Nasrul.

Kemudian setelah aktifitas ini, Aceh akan mengalami kekeringan untuk sementara waktu. “Diperkirakan pada Oktober, Provinsi Aceh akan memasuki kondisi basah dengan hujan yang lebih intensif,” terang Nasrul.

Dilansir situs BMKG, hujan lebat akan melanda Kabupaten Aceh Singkil dengan kecepatan angin 42 kilometer per jam. Seluruh kabupaten kota di Aceh diperkiraan masih terjadi hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

BMKG mengeluarkan peringatan dini agar waspada hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang berpeluang terjadi di wilayah Semadam, Lawe Sigala-Gala dan Taman Nasional Gunung Leuser. [Firman]

To Top