Layanan Publik

Distannak Abdya Lakukan Inseminasi Buatan Pada Sapi

Distannak Abdya Lakukan Inseminasi Buatan Pada Sapi
Inseminasi Buatan Pada Sapi di Abdya

ACEHTERKINI.COM | Untuk mendongkrak perkembangbiakan ternak Sapi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) setempat memperkenalkan Inseminasi Buatan (IB) kepada para peternak sapi.

Inseminasi Buatan yang melibatkan kurang lebih 35 ekor sapi penduduk setempat itu berlansung di Desa Gunong Cut, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya yang dipraktekkan lansung oleh Kepala Distannak Abdya Maswadi SP MPd, Jum’at (18/9/2015).

Kepada Wartawan, Senin (21/9/2015), Maswadi menjelaskan, Inseminasi Buatan (IB) dijalankan dengan sistem perkawinan silang. Dimana, dalam proses itu, bibit sapi lokal akan dimasukkan atau dicampurkan dengan bibit sapi unggul yang sengaja didatangkan dari luar daerah.

“Sebelum dilakukan inseminasi Buatan, terlebih dahulu sapi-sapi lokal betina kita suntik singkronisasi birahi, setelah birahinya memuncak baru kita Inseminasi dengan bibit jantan sapi unggul,” terangnya.

Tujuannya, lanjut Maswadi, mempercepat populasi ternak serta memperbaiki mutu genetik pada ternak sapi. “Kisaran umur sapi yang boleh kita lakukan inseminasi yakni 2 tahun ke atas,” ungkapnya.

Sejak tahun 2006 lalu, di Kabupaten Abdya telah dikembangkan ternak sapi melalui bantuan Pemerintah. Tercatat hampir 2.000 ekor bibit sapi telah digelontorkan pemerintah kepada peternak setempat. Namun, perkembangannya sangat rendah. Dimana polulasi berkembangnya sangat lamban disebabkan prsoses pengembangannya masih imbreeding (perkawinan sedarah).

Sama halnya dalam tahun 2015 ini, melalui dana Otonomi Khusus (Otsus) Pemerintah kembali menggelontorkan bibit sapi untuk peternak Abdya sebanyak 70 ekor. Saat ini pengadaan bibit sapi dimaksud sedang dalam proses pelelangan.

Hadir juga dalam pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) perdana itu tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Aceh, Tim Balai Bibit Ternak unggulan (BBTU) Aceh serta disaksikan puluhan peternak dan masyarakat Kecamatan Tangan-Tangan. (Rizal)

To Top