Layanan Publik

Diselimuti Kabut Asap, Pemko Banda Aceh Himbau Warga Pakai Masker

Diselimuti Kabut Asap, Pemko Banda Aceh Himbau Warga Pakai Masker
Marwan

ACEHTERKINI.COM | Suasana saat ini, Sabtu (19/9/2015) malam di Kota Banda Aceh masih diselimuti kabut asap kiriman dari Jawa dan Kalimantan. Pemerintah Kota Banda Aceh menghimbau warga menggunakan masker.

Dalam keterangan tertulis dari Humas Pemko Banda Aceh yang diterima acehterkini, Sabtu, suasana malam hari ini kabut asap semakin memburuk dan mulai mengganggu jarak pandang khususnya bagi pengendara kendaraan bermotor.

Kesehatan warga pun tak luput dari ancaman terutama dari penyakit infeksi saluran pernafasan (ISPA).

Kepala Humas Pemko Banda Aceh, Marwan menghimbau warga untuk mengenakan masker saat akan ke luar rumah beraktivitas.

“Meneruskan instruksi wali kota, kita imbau masyarakat untuk mengenakan masker. Sementara itu, kita juga tengah menunggu laporan hasil tes lab dari Dinas Kesehatan terkait kualitas udara terkini,” kata Marwan.

Diharapkan Minggu (20/9/2015) besok, pihaknya sudah mendapatkan data laboratorium kualitas udara di Banda Aceh dari dinas terkait guna pengambilan tindakan lebih lanjut.

“Kita juga berencana untuk membagikan masker kepada masyarakat. Berdasarkan hasil uji lab nanti, baru dapat kita pastikan langkah antisipasi selanjutnya,” tambah Marwan.

Kepala BPBD Banda Aceh Drs Ridwan juga telah mengeluarkan seruan penggunaan masker guna meminimalisir dampak negatif kabut asap terhadap kesehatan warga.

“Kami juga mengimbau warga untuk menyalakan lampu kendaraan saat ke luar rumah agar mudah terlihat oleh pengendara lain,” ujarnya.

Sebelumnya BMKG memperkirakan kondisi kabut asap yang melanda Aceh ini akan terkosentrasi selama dua atau tiga hari kedepan. Saat ini, Sabtu, jarak pandang untuk Aceh Besar dan Kota Banda Aceh hanya berjarak 2-3 kilometer. [Red]

To Top