Peristiwa

Diguyur Hujan Lebat, Aceh Utara Banjir

ACEHTERKINI.COM | Aceh Utara kembali diterjang bencana banjir. Air dengan ketinggian rata-rata mencapai 70 centimeter ini menggenangi sejumlah kecamatan di kabupaten tersebut. Banjir terparah terjadi pada hari ini, Sabtu (12/09/2015).

Informasi dari SAR Aceh Utara, banjir yang terjadi sejak Kamis (10/09/2015) kemarin ini mulai menggenangi beberapa kecamatan seperti di pusat kota Geudong, Kecamatan Samudra, Kecamatan Pirak Timu, Matang Kuli, Geureudong Pase, Kuta Makmur, dan Murah Meulia.
“Banjir kali ini disebabkan curah huja selama sepekan terakhir. Eksesnya, Jalan nasional Banda Aceh – Medan turut digenangi banjir dan tidak bisa dilintasi pengguna jalan,” kata Dahlan, Ketua SAR Aceh Utara.
Kondisi saat ini, arus lalulintas jalan Medan – Banda Aceh terancam lumpuh total. Seperti pantauan media, seperti di Kota Geudong, Kecamatan Samudera. Hampir satu kilometer jalan negara dititik tersebut ketinggian air mencapai 70 centimeter. Melewati titik banjir ini, kendaraan roda dua terpaksa harus memilih jalan alternatif, sementara kendaraan roda empat hingga pukul 17.00 wib sore tadi masih bisa dilalui namun harus dijaga oleh tim evakuasi dari SAR setempat.
Banjir disebabkan oleh curah hujan yang sangat tinggi sejak sepekan terakhir. Masyarakat yang diarea yang tergenang banjir ini mengkhawatirkan akan terjadi banjir besar seperti tahun lalu. 
“Kami khawatir akan banjir besar,” kata Mawardi, (50), warga Kecamatan Samudera.
Sebagian warga sudah mengungsi untuk menyelamatkan diri. Masyarakat yang berada didataran rendah di lima kecamatan itu berharap ada penanganan serius dari pemerintah Kabupaten Aceh Utara. [Jamal]

To Top