Nasional

Cara Rizal Ramli Genjot Wisatawan Mancanegara

Cara Rizal Ramli Genjot Wisatawan Mancanegara
Air Terjun Suhom

ACEHTERKINI.COM | Untuk menggenjot datangnya wisatawan dari mancanegara (wisman) ke Indonesia, Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli punya sejumlah usulan. Begini idenya.

Pertama, kata Menko Rizal, tata kelola industri wisata yang selama ini diserahkan kepada pemerintah daerah, sebaiknya dirubah. Polanya dengan membentuk otoritas yang bersifat sektoral. Pihak pemerintah daerah dalam hal ini hanyalah sebagai supporting.

“Saya mengusulkan kalau, penataan sektor pariwisata tidak lagi diserahkan kepada Pemda. Tetapi dikelola oleh suatu badan atau lembaga. Di lembaga itu tentunya melibatkan asosiasi turis,” papar Menko Rizal di Komplek DPR, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Selanjutnya, mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid ini, menunjuk Bali Tourism Authority yang berkantor di Nusa Dua, Denpasar, Bali.

“Kita akan tiru Bali Tourism Authority di Nusa Dua. Nah kita bikin Toba Tourism Authority,” papar Rizal.

Selanjutnya, kata Rizal, pemerintah akan mempercantik fasilitas infrastruktur, transportasi dan teknologi informasi di sejumlah destinasi wisata.

“Enggak mungkin turis datang kalau infrastrukturnya enggak mendukung. Kita akan bangun bandara dekat tempat-tempat wisata, seperti di dekat Danau Toba. Jadi turis enggak perlu lewat Medan,” kata Rizal.

Dengan langkah tersebut, Menko Rizal meyakini, industri pariwisata Indonesia bisa berkembang pesat. Apalagi bila disokong promosi yang efektif, semakin banyak saja wisman yang plesiran ke Indonesia. Tentu saja ini menjanjikan devisa dalam jumlah luar biasa.
[Inilah]

To Top