Sosial

Berharap Menjadi Desa, Bupati Aceh Singkil Hanya Berikan Dusun

Berharap Menjadi Desa, Bupati Aceh Singkil Hanya Berikan Dusun
Tokoh Masyarakat Desa Persiapan Lae Cikala, Aceh Singkil

ACEHTERKINI.COM | Pupuslah sudah harapan masyarakat yang bermukim di Desa Persiapan Lae Cikala Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil. Warga yang mengharapkan desa persiapan  kini telah menjadi sebuah dusun.

“Desa persiapan Lae Cikala telah digabungkan kembali ke desa induk atau desa yang terdekat,” keluh Ridwan yang turut didampinggi beberapa warga lainnya kepada acehterkini, Minggu ( 13/09/2015).

Warga baru mengetahui jika Desa Persiapan Lae Cikala telah dikembalikan ke desa induk dari penyampaian Camat Suro, Abdul Manaf, pada acara rapat dibalai Desa Lae Cikala, 21 Agustus 2015 lalu.

“Camat hanya memberikan dua pilihan, menjadi warga desa induk (Desa Pangkalan Sulampi) atau warga desa yang terdekat ( Desa Suro Baru ),” tambah Ali Akbar.

Ali menambahkan, pada saat rapat tersebut hanya sekitar 50 orang warga yang hadir. Dari 50 orang hanya tiga orang yang berkenan untuk kembali ke desa induk, sementara 10 orang lebih cendrung bergabung kedesa yang terdekat.

“Sekitar 37 orang lebih memilih agar  Desa Persiapan Trans Lae Cikala untuk didefinitifkan, bukan untuk dijadikan sebuah dusun,” sambung Ahmad Soleh.

Keinginan masyarakat meminta agar desanya didefinitifkan itu karena sejak tahun 2004 hingga menjelang akhir Agustus 2015, proses segala bentuk administrasi kependudukan semua dijalankan sendiri.

“Meskipun 11 tahun menunggu dan permohonan untuk didefinitifkan hampir setiap tahunnya disampaikan namun tak kunjung juga terealisasi, mungkin inilah yang dinamakan sebagai kado hari Ulang Tahun Kemerdekan RI yang ke-70, ” ujar beberapa warga dengan nada kecewa.

Sementara itu, Sudarmaji selaku mantan Kades Lae Cikala membenarkan jika desa persiapan yang sempat dipimpinnya itu telah digabungkan ke desa induk atau desa yang terdekat.

“Secara administrasi tidak ada satu surat pun yang menegaskan jika Desa Lae Cikala telah digabungkan ke desa induk atau desa terdekat, yang ada hanyalah penyampaian secara lisan dihadapan 50 orang masyarakat oleh Camat Suro,” jelas Sudarmaji.

Ia menjelaskan selama 11 tahun desanya menjadi desa persiapan telah berdiri sejumlah fasilitas publik, seperti bangunan Masjid, Musalla, SD, TPA, Pustu, Poskesdes, kantor desa, hingga kantor KUD.

Menanggapi hal ini, Camat Suro, Abdul Manaf mengatakan masalah Desa Persiapan Lae Cikala itu menjadi sebuah dusun berdasarkan surat Bupati Aceh Singkil. “Ada surat bupati yang menyatakan persoalan itu,” kata Abdul Manaf saat dikonfirmasi acehterkini. [Jamaluddin]

To Top