Layanan Publik

Baru 2 Kecamatan Terima Rekening Listrik Gratis di Abdya

Baru 2 Kecamatan Terima Rekening Listrik Gratis di Abdya
Penyaluran Rekening Listrik Gratis di Abdya

ACEHTERKINI.COM | Menjelang berakhirnya tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai menyalurkan biaya rekening listrik gratis untuk sejumlah Kecamatan di kabupaten setempat.

Secara perdana pembagian dana iuran listrik gratis itu telah berlansung di Kecamatan Jeumpa, yang diserahkan lansung oleh pihak kantor camat setempat, Selasa (15/9/2015) lalu.

Selanjutnya, Pemkab Abdya kembali menyerahkan bantuan listrik gratis untuk warga di wilayah Kecamatan Lembah Sabil dengan total sebanyak 442 kepala keluarga (KK) miskin, Sabtu (19/9/2015).

Camat Lembah Sabil, Usmadi SPd, mengatakan, sebanyak 442 KK sudah menerima bantuan biaya rekening listrik gratis untuk jatah dari bulan Januari sampai dengan Mei 2015.

Warga yang menerima biaya rekening listrik gratis itu dipilih berdasarkan kriteria yakni rumah warga yang memiliki daya listrik sebesar 2 ampere atau dengan biaya tagihan listrik senilai Rp 50 ribu kebawah.

“Hari ini sudah kita salurkan rekening listrik gratis kepada 442 KK dengan total dana yang ditransfer ke rekening bendahara pembantu kantor camat sebesar Rp37 juta rupiah,” kata Usmadi.

Usmadi menjelaskan, dari jumlah penerima tersebut, proses penyaluran sudah berjalan sekitar 70 persen khusus untuk wilayah Lembah Sabil.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Abdya, Karimun, mengatakan, baru dua kecamatan yang sudah disalurkan biaya listrik gratis yakni Kecamatan Jeumpa dan Kecamatan Lembah Sabil.

Untuk Kecamatan Jeumpa, proses penyaluran sudah berlansung pada Selasa (15/9/2015) lalu, sedangkan Kecamatan Lembah Sabil baru berjalan pada Sabtu (19/9/2015) ini.

“Untuk kecamatan lain masih menunggu proses selanjutnya dari Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Kabupaten (DPKKK),”  ungkapnya.

Saat ditanya berapa total anggaran yang dikucurkan untuk penyaluran biaya listrik gratis dari bulan Januari sampai dengan Mei untuk sembilan Kecamatan di Abdya itu, Karimun mengaku belum tahu, sebab ia masih baru dilantik menjabat sebagai Kabag Kesra setempat. [Rizal]

To Top