Peristiwa

Banjir Bandang Bener Meriah Mulai Pulih, 36 Rumah Rusak

ACEHTERKINI.COM | Bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Bener Meriah, Minggu (13/9/2015) mulai berangsur normal. Irmansyah dari BPBD Bener Meriah mengatakan lintas jalan nasional Aceh Tengah – Bireuen sudah mulai normal.

“Pembersihan materil yang menumpuk sebelumnya sudah dibersihkan, warga yang terkena dampak juga sudah dievakuasi ke posko terdekat, saat ini ada 366 jiwa yang mengungsi di Kecamatan Timang Gajah, Pantee Raya dan Wih Peusam,” kata Irman, Senin (14/9/2015).

Kepada acehterkini, ia menjelaskan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan tercatat oleh BPBD Bener Meriah sebanyak 36 unit.

Ia mengatakan penyebab banjir bandang ini kemungkinan adanya kerusakan di kaki Gunung Burni Telong. “Ini air gilee namanya, kalau curah hujan tinggi lalu penampungan air di burni telong meluap sehingga air gilee itu turun kencang,” katanya.

“Peristiwa ini merupakan yang terparah sejak 20 tahun terakhir kejadian serupa di Bener Meriah,” demikian Sekretaris BPBD Bener Meriah, Irmansyah. [Edi]

To Top