Peristiwa

Banda Aceh Diguyur Hujan, Kabut Asap Mulai Menipis

Banda Aceh Diguyur Hujan, Kabut Asap Mulai Menipis
Peta Titik Panas Sumatera dan Kalimantan, update 20 September 2015 Pukul 05.00 wib

ACEHTERKINI.COM | Kabut asap tebal yang sempat menyelimuti Banda Aceh dan Aceh Besar, Sabtu (19/9/2015) malam, kini terlihat mulai menipis karena diguyur hujan pada Minggu dinihari tadi. Kondisi saat ini masih terlihat kepulan asap di wilayah Kota Banda Aceh pada saat hujan mulai reda pada Minggu, pukul 12.00 wib.

Sejumlah warga yang dijumpai media ini di peunayong sangat senang dengan turunnya hujan. “Alhamdulillah, hujan turun semoga kabut asapnya hilang,” kata salah seorang warga yang sedang berbelanja di pasar Peunayong.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang, Aceh merilis peta titik panas atau hotspot, Minggu (20/9/2015). Terpantau dari satelit sensor Modis atau Terra/Aqua ada peningkatan hingga 51 titik panas di wilayah Sumatera dan beberapa titik di Kalimantan.

Kondisi cuaca, Minggu (20/9/2015) di Kota Banda Aceh berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat. Kondisi ini diperkirakan akan meluas ke Sabang, Aceh Besar, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Langsa, Aceh Timur dan sekitarnya.

Pemerintah Kota Banda Aceh memberikan respon cepat terkait kabus asap yang menerpa kota madani itu sejak Sabtu sore kemarin.

Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal mengharapkan masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi kondisi alam ini.

Dalam instruksinya, Illiza mengajak warganya menggunakan masker pelindung dan menyalakan lampu kenderaan agar terhindar dari kecelakaan.

Sebelumnya BMKG merilis kabut asap kiriman yang melanda Aceh ini akan terkosentrasi selama dua atau tiga hari kedepan dan sangat tergantung pada perubahan angin dan potensi hujan beberapa hari kedepan. [Red]

To Top