Layanan Publik

Bahasa Daerah Didorong Masuk Muatan Lokal

Bahasa Daerah Didorong Masuk Muatan Lokal

ACEHTERKINI.COM | Pra-Kongres Peradaban Aceh merekomendasikan agar bahasa-bahasa lokal di Aceh masuk dalam kurikulum di sekolah. Sehingga anak-anak sekolah bisa mempelajari bahasa ibunya dengan lebih tersistem dan sesuai kaedah yang benar.

“Ini penting agar mereka akrab dengan bahasa lokal masing-masing,” kata Mustafa Ismail, Sekretaris Panitia Kongres Peradaban Aceh, di Banda Aceh, Senin (28/9/2015).
Namun, ia menekankan, kewajiban mempelajari bahasa lokal itu hanya diperuntukan bagi siswa-siswa yang berada di wilayah masing-masing sesuai dengan bahasa ibu mereka. 
Ia mengatakan sangat tidak mungkin semua siswa di Aceh harus mempelajari semua bahasa lokal di Aceh. “Para pelajar  hanya didorong untuk mempelajari dan mahir bahasa ibunya serta tak malu-malu menggunakan bahasa lokal itu dalam pergaulan di lingkungannya,” tutur dia.  
Pra-Kongres Peradaban Aceh bertemakan “Penguatan Bahasa-Bahasa Lokal” berlangsung di Hotel Grand Nanggroe, Sabtu, 26 September 2015. 
Salah satunya rekomendasi dalam Pra Kongres Peradaban Aceh itu adalah perlunya kurikulum muatan lokal bahasa-bahasa di Aceh mulai tingkat dasar hingga menengah. [Red]

To Top