internasional

Badai Pasir Terpa Makkah dan Madinah

Badai Pasir Terpa Makkah dan Madinah
badai pasir terpa makka dan madinah [arabiaweather.com]

ACEHTERKINI.COM | Badai pasir cukup besar yang disusul hujan menerpa Makkah dan Jeddah, Arab Saudi, Selasa (08/09/2015). Badai yang terjadi menjelang Maghrib tersebut membuat pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut jemaah haji dari Tanah Air mendarat darurat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah.

“Dikarenakan cuaca dan efek hujan badai, kelompok terbang JKG 27 mendarat mendadak di Bandara Madinah,” kata Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah PPIH Arab Saudi Nurul Badruttamam dilansir dari laman Kemenag RI, Rabu.

Dia melanjutkan, pesawat dengan nomor penerbangan GA 7274 tersebut membawa jemaah haji asal Provinsi DKI Jakarta. Seharusnya, pesawat dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah pada pukul 19.10 waktu Arab Saudi.

Saat ini, kata Nurul, seluruh penumpang kloter JKG 27 sudah mendarat di landasan Bandara AMAA Madinah dalam kondisi selamat. Penumpang tidak diturunkan dan tetap berada di dalam pesawat menunggu diberangkatkan kembali ke Bandara KAA Jeddah. GA 7174 dijadwalkan akan terbang menuju Jeddah pada pukul 21.30 waktu Arab Saudi.

Pantauannya di Makkah, badai pasir membuat jarak pandang terbatas. Debu pasir membumbung tinggi ke udara. Selain membawa sampah-sampah plastik, angin badai juga merusak sejumlah triplek sisa proyek pembangunan gedung. Pasca badai, semua bangunan dan kendaraan diselimuti lapisan pasir yang cukup tebal.

Komentar dari salah seorang warga terkait informasi itu menyebutkan badai pasir juga menerpa Makkah. Pasir naik ke atas berputar-putar dan sangat menyeramkan. Kejadian itu sudah didepan Masjidil Haram. Informasi yang diterima dari SMS salah seorang jamaah, kejadian tersebut seolah-olah kita mau terangkat, kita berpelukan.

“Jadi kita buru-buru masuk cari tempat Sholat, taunya ribuan orang dari lantai 1 sampai lantai 3 sudah penuh berdesakan. Kita turun ke bawah lagi, akhirnya duduk dimana saja, dilangkahi orang-orang tinggi besar,” tulis SMS tersebut. [red]

To Top