Lingkungan

Antisipasi Abrasi, Kodim Abdya Tanam Ratusan Mangrove

Antisipasi Abrasi, Kodim Abdya Tanam Ratusan Mangrove
Kodim 0110 Abdya Melakukan Penanaman Mangrove

ACEHTERKINI.COM | Guna mengantisipasi terjadinya abrasi, Kodim 0110/ Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan penanaman bakau (mangrove) di lokasi muara dan pantai wilayah Desa Lama Muda, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten setempat, Sabtu (26/9/2015) pagi.

Kegiatan penanaman bakau atau mangrove ini dilakukan guna mengantisipasi abrasi yang masih terus terjadi di wilayah Pantai Lama Muda tersebut, apalagi saat musim hujan, muara di daerah itu semakin melebar karena luapan air.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono SIP, mengatakan, kegiatan penanaman pohon mangrove ini hanyalah satu kegiatan dari rangkaian peringatan HUT TNI Ke-70 TNI yang akan berlansung pada 5 Oktober mendatang.

“Selain menanam mangrove ini, ada juga sejumlah acara lainnya dalam rangka memperingati HUT TNI ini, dimana kita juga akan melakukan pengobatan gratis, donor darah dan berbagai macam kegiatan lainnya,” sebut Dandim Suhartono.

Pelaksanaan pengobatan gratis itu, sambung Dandim, akan berlansung di Desa Adan, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya, Senin (28/9/2015) nanti.

Dandim Suhartono menambahkan, penanaman mangrove ini dipilih sebagai salah satu kegiatan guna mencegah abrasi. Pada kesempatan kali ini ditanam sekitar 120 lebih pohon mangrove.

Ia mengatakan, kegiatan berbagai program penghijauan itu adalah upaya membudayakan masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidup agar tetap asri.

Untuk program penanaman pohon mangrove, lanjut dia, dilaksanakan di kawasan pesisir pantai yang mengalami abrasi sangat parah yang juga melibatkan masyarakat setempat.

“Di pesisir pantai ini, sangat rentan terjadi abrasi yang terus mengikis daratan tepi pantai. Maka upaya baik mengatasinya adalah dengan penanaman mangrove secara terus menerus,” ungkapnya.

Setelah dilakukan penanaman, tentu juga harus ada upaya perawatan agar mangrove dapat tumbuh dengan subur dan dipastikan mampu menangkal terjangan ombak tepi pantai.

“Khusus program penanaman mangrove, sejauh ini respon masyarakat sangat tinggi. Masyarakat setempat sangat berterima kasih dengan program ini. Insyaallah dalam jangka panjang, masalah abrasi pantai sedikit demi sedikit dapat teratasi,” demikian Dandim. (Rizal)

To Top