Peristiwa

Aceh Dilanda Kabut Asap dari Kalimantan

Aceh Dilanda Kabut Asap dari Kalimantan

ACEHTERKINI.COM | Asap kiriman dari Jawa dan Kalimantan mengakibatkan sejumlah kabupaten kota di Aceh dilanda kabut asap. BMKG Stasiun Blang Bintang, Provinsi Aceh menyebutkan kondisi ini diperkirakan akan bertahan 2-3 hari kedepan.

Dilansir dari Group EWS BMKG Aceh, Kepala Stasiun BMKG Blang Bintang, Fachrurrazi, Sabtu (19/9/2015) mengatakan, telah terjadi penurunan visibility secara luas di wilayah Aceh akibat asap kiriman dari Jawa dan Kalimantan.

Analisis dari peta pergerakan angin Indonesia, 19 September 2015 menunjukkan bahwa arah angin bergerak dari arah tetangga wilayah Indonesia melewati pedalaman Kalimantan dan menuju ke barat dan kemudian bergerak translasi ke Pulau Sumatera menuju arah barat laut.

Beberapa daerah yang terjadi penurunan visibility bervariasi hingga Sabtu (19/9/2015) sore tadi, di Kota Sabang tercatat jarak pandang 300-400 meter. Kemudian di Meulaboh 6 kilometer, di Lhokseumawe jarak pandang 2.000 meter dan wilayah Aceh Besar, Banda Aceh hanya 2-3 kilometer.

Fachrurazi menambahkan kosentrasi asap wilayah Aceh diperkirakan bertahan 2-3 hari kedepan dan sangat tergantung perubahan arah angin dan potensi hujan beberapa hari kedepan.

Kabut asap yang melanda Kota Banda Aceh ini sempat membuat warga kota resah. Suasana berkabut, panas dan membuat mata perih mulai terjadi dari pukul 18.00 wib sampai malam hari tadi. Saat ini kondisi Kota Banda Aceh masih diselimuti asap. Sebagian warga juga ada yang sudah menggunakan masker. [Red]

Aceh Dilanda Kabut Asap dari Kalimantan

To Top