Lingkungan

Abdya Terkena Imbas Kabut Asap

Abdya Terkena Imbas Kabut Asap
Aceh Barat Daya Terselimuti Kabut Asap

ACEHTERKINI.COM | Terbakarnya hutan dan lahan gambut yang diduga dari wilayah Riau dan Palembang menciptakan kabut asap tebal, imbasnya juga terasa hingga ke wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan sekitarnya.

Kepala Bandara Kuala Batu, Muhammad Ali, yang dihubungi wartawan, Jum’at (4/9/2015) mengatakan, kabut asap mengakibatkan rute penerbangan terhenti. Sebab ketebalan asap menjadikan jarak pandang di udara hanya sekitar 800 meter.

Laporan itu didapatkan oleh pihak Bandara Kuala Batu dari Pemandu Lalu Lintas Udara (Air Traffic Controller) Bandara Internasional Kuala Namu, Medan, Sumatra Utara. Dimana aktifitas penerbangan untuk sementara harus dihentikan.

“Kabut asap sangat mengganggu jarak pandang, sebab normalnya jarak pandang yakni 5.000 meter, sehingga dikhawatirkan akan sangat berbahaya jika tetap dipaksakan terbang,” terangnya.

Disisi lain, untuk penanganan masalah kesehatan, Martunis MKes selaku Kepala Dinas Kesehatan Abdya menyatakan kalau pihaknya belum mendapatkan informasi resmi dari pihak lingkungan hidup, karena ini berhubungan dengan pencemaran lingkungan.

“Karena ini menyangkut pencemaran lingkungan, Sejauh ini kita belum mendapatkan informasi dari lingkungan hidup, yang jelas kita menunggu koordinasi dulu, baru akan kita ambil tindakan,” ujar Martunis.

Menurutnya, polusi udara yang disebabkan oleh kabut asap kebakaran hutan dan lahan mengakibatkan kerusakan paru hingga ancaman kelainan genetik atau cacat otak pada bayi dalam kandungan. [Rizal]

To Top