Layanan Publik

13 Hari Baru Dilantik, Kadisdukcapil Abdya Sudah Dicopot

ACEHTERKINI.COM | Baru 13 hari menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  Kabupaten Aceh Barat  Daya (Abdya), Indra Sukma SH sudah dibangku-panjangkan oleh pemerintah kabupaten setempat, Senin (7/9/2015) dalam mutasi singkat yang berlangsung di Ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya.

Mewakili Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, Plt Sekda Abdya Drs Thamren, melantik Nyak Seh sebagai Kepala Disdukcapil Abdya yang baru, sebelumnya Nyak Seh menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten setempat.

Jadi untuk mengisi kekosongan Kepala Dispenda Abdya tersebut, Pemkab setempat  menunjuk Sekretaris Dispenda Halimatun Sa’diah selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas sambil menunggu pejabat baru yang definitif.

Plt Sekda Abdya Drs Thamren, membenarkan bahwa telah berlangsung mutasi singkat diruang kerjanya. Namun saat dikonfirmasi kenapa Indra Sukma diberhentikan dengan waktu jabatannya yang sangat singkat itu,  Thamren tidak tau persis permasalahannya, yang jelas, kata Thamren, itu adalah kebijakan dari Bupati Abdya Jufri Hasanuddin.

Mutasi itu dilakukan atas pertimbangan bupati, mungkin saja bupati punya alasan kenapa Indra Sukma harus dicopot dari jabatannya.

“Bisa jadi ada hal yang tidak  bagus dalam penilaian bupati, sehingga harus diganti, kalau hal lain saya kurang jelas, yang pasti saya diperintahkan untuk melantik,” ujarnya singkat.

Dari informasi yang dihimpun media ini, Indra Sukma dalam karir sebagai eselon II, pernah menjabat sebagai Sekretaris DPRK Abdya, Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Kekayaan Kabupaten (DPKKK), Asisten Administrasi Umum Setdakab Abdya, Plt Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Staf Ahli Setdakab Abdya, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) dan yang terakhir menjabat sebagai Kepala Disdukcapil Abdya meskipun hanya dalam waktu 13 hari sejak dilantik pada 26 Agustus 2015 lalu.

Menyikapi mutasi singkat tersebut, Pj Ketua Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara (Komnas Waspan) perwakilan Abdya, Irfan Faisal SH, sangat prihatin dengan kebijakan yang diambil pemerintah Abdya, karena dinilai terlalu dini untuk mengevaluasi seorang pejabat,  apalagi baru menjabat hanya dalam kurun waktu 13 hari sudah dimutasi lagi.

Selain itu, Irfan juga menilai, kalau bupati hanya menyorot tentang kinerja satu instansi saja, padahal banyak instansi lain yang perlu juga untuk di evaluasi.

“Banyak instansi yang perlu di evaluasi kembali, bukan hanya satu saja, karena sejauh amatan kita, ada beberapa instansi yang belum mampu memberikan perubahan yang memadai untuk Abdya,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Indra Sukma yang baru saja dicopot dari jabatannya, secara singkat menyikapinya dengan lapang dada. “Semua ada hikmahnya,” singkat Indra. [by-Rizal]

To Top