Sosial

Tiga Rumah di Kecamatan Tangan-Tangan, Abdya Sangat Memprihatinkan

Tiga Rumah di Kecamatan Tangan-Tangan, Abdya Sangat Memprihatinkan
Salah satu rumah di Kecamatan Tangan-Tangan yang tidak layak huni masih ditempati warga

ACEHTERKINI.COM | Sedikitnya tiga unit rumah di Desa Padang Bak Jok, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya dalam kondisi sangat memprihatinkan. Rumah milik Hendri (35), Muslita (35) dan Safriyulanda (37) itu berbahan pelapah rumbia dan beratapkan daun.

Kepala Desa Padang Bak Jok, Muhammad Saman, Jum’at (7/8/2015) mengatakan rumah yang dihuni Hendri bersama istri dan anaknya itu pada Kamis (6/8/2015) hancur karena angin kencang.

“Ketiga rumah tersebut sudah bertahun-tahun dalam kondisi seperti itu, sudah beberapa kali diusulkan untuk mendapat rumah bantuan namun belum juga terealisasi,” ujar Saman.

Menurut Saman, tiga warganya itu sangat membutuhkan rumah yang layak huni. “Kita ada inisiatif melakukan gotong royong untuk membangun rumah hendri dengan bahan yang seadanya,” ujar Saman.

Lebih lanjut, Saman menerangkan, Muslita (35) merupakan janda yang tinggal bersama dua orang anaknya sangat membutuhkan rumah yang layak huni. Namun Safriyulanda (37) sudah mendapat rumah bantuan di Desa Padang Bak Jempa, tapi belum terima kunci, sehingga ia dan keluarganya masih tinggal di rumah yang beratap daun rumbia dan beralaskan tanah.

Melihat kondisi warga tersebut, Wakil Bupati Abdya , Erwanto SE MA, yang dihubungi terpisah, menyatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Abdya akan berupaya membantu warga yang kondisi rumahnya sangat memprihatinkan tersebut.

Erwanto mengaku kalau pihaknya telah turun ke lokasi untuk melihat kondisi langsung rumah warga dimaksud.

“Kita sudah mengadakan rapat dengan beberapa instansi terkait bagaimana teknis membangun tempat tinggal mereka, namun sejauh ini saya harus koordinasi dulu dengan Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, karena saat ini saya lagi di Banda Aceh, tunggu aja informasi selanjutnya, yang jelas mereka akan dibantu,” ungkap Erwanto singkat. [by-Rizal]

To Top