Layanan Publik

Senjata Milik Bea Cukai di Lhokseumawe Tahun 1999 Dimusnahkan

Senjata Milik Bea Cukai di Lhokseumawe Tahun 1999 Dimusnahkan

ACEHTERKINI.COM | Kantor Bea dan Cukai Lhokseumawe melakukan pemusnahan 10 pucuk senjata api (senpi) lama dengan cara dipotong. Senjata yang dimusnahkan yaitu, 4 pucuk senpi laras panjang, dan 6 pucuk senpi laras pendek, serta magazen dan amunisi.

Pemusnahan itu di di Kantor Bea Cukai Lhokseumawe jalan Iskandar Muda Desa Kampung Jawa Lama Kecamatan Banda Sakti, Rabu (12/08/2015).

Hadir pada acara tersebut, Kasi Pabean Kantor Bea dan Cukai Lhokseumawe, Agus Rinaldo Simanjuntak, Perwakilan dari Polda Aceh Kasubdit Kamneg Dit Intelkam AKBP Sulaiman, Kasubag Sarana Prasarana Polres Lhokseumawe AKP Ahmad Yani, Kasat Intel Polres Lhoskeumawe, Ahzan.

Kemudian Perwakilan Kantor Pelelangan Negara Muhammad Jhoni, Perwakilan Kanwil Bea dan Cukai Aceh I Made Ray, Tim pemotong Senpi dari Polda Aceh, Polres lhokseumawe, dan tim dari Bea dan Cukai setempat.

Kasi Pabean Kantor Bea Cukai Lhokseumawe, Agus Rinaldo Simanjuntak, dalam sambutannya mengatakan, Program pemusnahan senjata merupakan program nasional, dikarenakan pihaknya mengaku telah memiliki senjata baru.

“Untuk itu seluruh senjata lama yang dimilik oleh Bea dan Cukai harus di musnahkan, sejak tahun 1999 senjata milik Bea Cukai dititipkan di Polres Lhokseumawe, dikarenakan kondisi Aceh waktu belum kondusif,” ujarnya.

Menurutnya, senjata yang telah dimusnahkan nantinya akan di buang ke laut. Diharapkan Semoga dengan pemusnahan ini tidak menjadikan suatu halangan dalam pelaksanaan tugas kedepan.

Sementara perwakilan Polda Aceh yang diwakili oleh Kasubdit Kamneg Dit Intelkam AKBP Sulaiman pada kesempatan yang sama mengatakan, dirinya mewakili Polda Aceh untuk menghadiri pemusnahan Senpi Bea Cukai, dimana pemusnahan tersebut sudah ada ijin dari Menteri Keuangan dan dari Mabes Polri.

“Pemusnahan ini juga merupakan program nasional, pemusnahan ini dilakukan karena sudah adanya senjata api yang baru untuk mengganti Senpi yang akan dimusnahkan,” katanya.

Adapun jenis senjata yang dimusnahkan yaitu, senpi Laras panjang jenis Palmet buatan Finlandia sebanyak 4 pucuk, 6 pucuk Laras pendek jenis Tauru buatan Brazil, magazen laras panjang 8 unit, dan amunisi kaliber 222 sako berjumlah 200 butir, serta munisi kaliber 32 SWL (smith dan weson lango).

Acara pemotongan senjata yang selesai sekitar pukul 10.45 wib itu berlangsung lancar, kemudian dilanjutkan senpi yang telah dipotong dibuang ke laut oleh pihak Be Cukai dan Polda Aceh/Polres Lhkoseumawe, dengan menggunakan Boat milik SAR Lhokseumawe. [Jamal]

To Top