Nasional

Rp20 Triliun Dana Desa, Baru 20 Persen Tersalurkan

Rp20 Triliun Dana Desa, Baru 20 Persen Tersalurkan
Marwan Jafar

ACEHTERKINI.COM | Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengajak gubernur, bupati dan walikota untuk mempercepat penyaluran dana desa.

“Bapak-bapak kepala desa secepat mungkin menggunakan dana desa itu, kalau toh masih belum tersalurkan, saya minta kepada sekda untuk memberikan instruksi agar segera disalurkan ke masing-masing desa,” pinta Marwan dikutip dari laman Setkab RI, Senin (31/8/2015).

Ia juga mengingatkan agar para bupati tidak mempersulit aturan penyaluran dana desa, sebab jika dalam proses pencairan dana desa masih dipersulit dengan rezim peraturan, maka penggunaan dana desa tidak akan terserap dengan baik.

“Sekali lagi saya meminta komitmen para kepala daerah untuk mempercepat proses penyaluran dana desa. Kalau bupati tidak menyalurkan dana itu, maka dia juga melanggar undang-undang. Oleh karena itu, harus segera disalurkan,” tegas Marwan.

“Minggu ini kita akan buat surat edaran agar tidak perlu yang ribet-ribet untuk penggunaan dana desa,” ujarnya.

Hingga saat ini, kata Marwan, baru 20 persen dana desa yang tersalurkan ke desa-desa. Oleh karena itu, saya meminta semua syarat administratif supaya dipersingkat. “Agar syarat-syaratnya tidak berbelit lagi dan bisa segera digunakan,” tuturnya.

“Jangan takut digunakan untuk tujuan desa membangun. Manfaatkan sesuai dengan kebutuhannya,” kata Marwan.

Sejauh ini, lanjut Marwan, Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan sudah menggelontorkan dana desa sekitar Rp20 Triliun pada tahun 2015. [Red]

To Top