Sosial

Promosikan Wisata Aceh, Lily Berharap Ada Sail Simeulue 2017

Promosikan Wisata Aceh, Lily Berharap Ada Sail Simeulue 2017
Fadliana Surya

ACEHTERKINI.COM | Lily, begitu nama panggilan dari Fadliana Surya. Putri kelahiran Sigli ini punya banyak pengalaman menjadi pendamping wisata dalam membangun potensi wisata Indonenesia.

“Alhamdulillah, tahun ini saya terpilih lagi menjadi pendamping untuk kegiatan tahunan yang digagas Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI yaitu Sail Tomini,” katanya dalam pesan elektroniknya kepada acehterkini, Sabtu (22/8/2015).

Ia mengatakan Sail Tomini berada di Indonesia bagian tengah Sulawesi. Kegiatan tahun ini bertema “Mutiara Khatulistiwa untuk Kehidupan Masa Depan”.

Berbekal pengalaman menjadi peserta pada Sail Komodo, tahun 2013, dan menjadi pendamping di Sail Raja Ampat tahun 2014, Liliy berharap pada tahun 2017 ada Sail Simeulue.

“Kita minta Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dapat mendukung Kabupaten Simeulue khususnya untuk berkoordinasi dan getol dalam rangka mengajukan sebagai tuan rumah kegiatan ini, sehingga pada 2017 kita benar-benar mewujudkan Sail Simeulue,” pungkas Lily.

Rute pelayaran tahun ini antara lain Jakarta-Kota Baru- Pulau Siau- Pula Tahuna – Pulau Merampit – Parigi Mautong – Pulau Muna – Jakarta. Acara ini berlangsung dari 26 Agustus sampai 26 September 2015 dengan agenda yang sangat padat dan pemateri yang telah handal dibidangnya.

Untuk tahun ini Lily mengaku akan memperjuangkan agar tahun 2017 Sail dapat dilaksanakan di Aceh.

“inginnya agar tahun depan setelah Sail Karimata pada 2016 dilaksanakan Sail Siemeulue,” ujar dara kelahiran Pidie tersebut. Sungguh kesempatan emas dalam memajukan Aceh khususnya pariwisata Simeulue.

Menurutnya, kesempatan tiga tahun mengarungi Samudra Indonesia selama sebulan telah cukup membuat yakin bahwa Aceh juga mampu menjadi tuan rumah. Didukung oleh laut yang indah dan masih sangat original tentu akan memunculkan banyak ide brilian dalam memajukan wisata bahari Aceh.

Jika Simeulue terpilih menjadi tuan rumah akan banyak sekali manfaat, karena tujuan dari pada sail itu sendiri menjadikan tuan rumah sail menjadi pusat destinasi dunia, seperti sail wakatobi dan sail raja ampat urai gadis pentolan kegaiatan social untuk masyarakat pulau terluar Indonesia Nagekeo Care Island. [Red]

To Top