Ekonomi

Prestasi Berturut-Turut di Expo Ternak, Aceh Singkil Siap Kembangkan Program IB

Prestasi Berturut-Turut di Expo Ternak, Aceh Singkil Siap Kembangkan Program IB
Kepala Dinas Peternakan Aceh Singkil Darlin bersama Taslim Pemilik Sapi Bali Jantan. [Jamaluddin]

ACEHTERKINI.COM | Kabupaten Aceh Singkil berhasil meraih juara I Sapi Bali Jantan Tingkat Provinsi Aceh di Expo Ternak Ke-VI di Kabupaten Aceh Tengah 19-23 Agustus 2015.

“Ada 3 kategori yang kita ikut, diantaranya kategori Sapi Brahman, Sapi Aceh Betina serta Sapi Bali Jantan Dan Betina,” kata Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Aceh Singkil, Darlin. Sp, Selasa (25/8/2015).

Darlin menjelaskan prestasi yang diraih Aceh Singkil cukup gemilang. Pada tahun 2012 lalu, Aceh Singkil juga berhasil meraih juara 1 Sapi Simental Betina. Kemudian 2014 juga berhasil membawa pulang juara 2 di katagori Sapi Aceh Betina.

“Sapi Bali Jantan yang telah berhasil membawa harum nama Kabupaten Aceh Singkil itu merupakan sapi hasil Inseminasi Buatan (IB) atau hasil kawin Suntik yang masih berumur 3 tahun,” ujarnya.

Sapi itu, katanya, milik  Taslim, warga Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara kabupaten  Aceh Singkil.

Menurutnya, program Inseminasi Buatan (IB) tersebut telah berhasil diterapkan terhadap hewan ternak milik masyarakat hampir di semua kecamatan.

“Saya berharap semua pihak terutama kepada masyarakat untuk dapat mendukung program Inseminasi Buatan (IB) atau kawin Suntik terhadap ternak sapi,” ujarnya seraya juga berharap adanya Program Inseminasi Buatan (IB) ini hendaknya dapat memperbaiki mutu genetik hewan ternak seperti Sapi dalam rangka untuk mencapai program swasembada daging di kabupaten Aceh Singkil. [Jamaluddin]

To Top