Ekonomi

Plafon Anggaran Abdya Tahun 2016 Rp 893,7 M

Plafon Anggaran Abdya Tahun 2016 Rp 893,7 M
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) merencanakan belanja daerah untuk tahun 2016 sebesar Rp 893,7 milyar lebih, sementara pendapatan daerah direncanakan senilai Rp 697,3 milyar lebih.

Gambaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2016 itu diungkapkan Plt Sekretaris daerah (Sekda) Abdya Drs Thamren, ketika menyampaikan sambutan mewakili Bupati Abdya Jufri Hasanuddin pada acara Rapat Paripurna Pembukaan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) di Gedung DPRK setempat, Rabu (12/8/2015).

Rapat paripurna pembukaan KUA-PPAS tersebut dipimpin Ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa, didampingi Wakil Ketua Jismi, yang turut dihadiri Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono SIP, mewakili Kapolres Abdya Kompol Sofyan, mewakili Kajari Blangpidie Hendra SH, para asisten, staf ahli, para kepala dinas, badan dan kantor, para camat serta kepala puskesmas, para imum mukim, keuchik, pimpinan parpol dan tokoh masyarakat, termasuk staf khusus.

Di antara pendapatan yang direncanakan Rp 697 milyar lebih itu, sebesar Rp 78,2 miliar lebih merupakan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dana perimbangan Rp 436,4 milyar, dana bagi hasil pajak/bukan pajak Rp 20,3 milyar, dana alokasi umum Rp 416,1 milyar, lain-lain pendapatan daerah Rp 182,6 milyar. Sedangkan belanja daerah yang direncanakan mencapai Rp 893,7 milyar lebih, terdiri dari belanja tidak langsung Rp 496,5 milyar lebih dan belanja langsung Rp 397,1 milyar lebih.

Sejumlah angka-angka anggaran tersebut, dikatakan Thamren, merupakan cerminan sebagai kerangka acuan terhadap penyusunan Rencana APBK tahun 2016. Kemudian dalam proses percepatan pembangunan di Kabupaten Abdya selama ini.

“Atas dasar masalah ini, kita secara aktif tetap berupaya secara maksimal untuk mendapatkan sumber dana lainnya, baik dana yang bersumber dari APBA, maupun APBN, disamping itu kita juga membuka peluang masuknya investor baik dari dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya di Abdya,” ujarnya singkat.

Dari jadwal yang ditentukan, pra pembahasan gabungan komisi-komisi tentang KUA-PPAS berlansung pada 13-20 Agustus 2015, kemudian pembahasan dua tim antara badan anggaran (Banggar) DPRK dengan tim anggaran pemerintah kabupaten pada 21 Agustus sampai dengan 8 September 2015.

Sementara Laporan Banggar, Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi, Jawaban Bupati terhadap Laporan Banggar dan Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi, Pendapat akhir Fraksi sekaligus penandatanganan nota kesepakatan bersama, dan penutupan pembahasan KUA-PPAS akan berlansung pada 10 September 2015 mendatang. [Rizal]

To Top