Layanan Publik

Pengurusan NPWP di Abdya Ada Kesan Pilih kasih

ACEHTERKINI.COM | Pengurusan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terkesan dipersulit, pasalnya saat warga akan mengurus NPWP, pihak KP2KP Blangpidie beralasan rusak jaringan, sehingga disarankan ke Tapaktuan.

Asrol, warga Kecamatan Kuala Batee kepada wartawan, Senin (3/8/2015) mengaku sangat kecewa dengan sistim pelayanan yang diterapkan oleh kantor dimaksud. Padahal NPWP yang akan diurus merupakan sebuah kebutuhan penting di tempat ia bekerja.

“Saat saya mengurus NPWP, mereka mengatakan kalau jaringan sedang rusak, kemudian saya disarankan untuk mengurus NPWP ke KP2KP Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan,” ungkapnya.

Karena hal itu, Asrol sangat menyayangkan atas sikap yang ditunjukkan oleh KP2KP Blangpidie, sementara disisi lain, mereka tetap melayani masyarakat lain yang notabenenya PNS untuk mengurus NPWP.

“Ini namanya pilih kasih, padahal niat saya baik akan menjadi warga negara wajib pajak, jadi kenapa harus terhalang dengan masalah jaringan, paling tidak pihak mereka kan bisa menampung dulu permohonan kami,” tuturnya.

Terkait masalah pelayanan di KP2KP Blangpidie, Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Abdya, Miswar SH, menyesalkan atas kebijakan kantor pajak yang tidak bisa melayani masyarakat untuk membuat NPWP dengan alasan tidak bagus jaringan untuk dua bulan ke depan.

Malahan siapa yang mau mengurus NPWP dipersilahkan ke kantor pajak Tapaktuan, sedangkan di Abdya sudah tersedia kantor untuk membuat NPWP. “Pagi ini kami menerima laporan dari masyarakat Abdya yang kecewa terhadap pelayanan pajak tersebut,” ungkapnya.

Menurut Miswar, apa yang dilakukan pejabat kantor pajak Blangpidie sama saja dengan tidak mendukung kepatuhan masyarakat sebagai wajib pajak. Dimana pajak merupakan salah satu penyumbang terbesar pendapatan Negara apa lagi tahun 2015 ini menjadi Tahun Pembinaan Wajib Pajak.

Ditjen Pajak memberikan kesempatan seluas-luasnya dan mendorong Wajib Pajak untuk mendaftarkan diri dalam mendapatkan NPWP tidak seharusnya masyarakat Abdya bergantung pada Aceh selatan. “Sudah 13 Tahun umur Abdya, apakah pemerintah Abdya ada rencana untuk mengembalikan Abdya ke kabupaten sebelumnya?,” cetus Miswar.

Sementara itu, Kepala KP2KP Blangpidie, Alisaman Harahap, yang dikonfirmasi terpisah, mengatakan, bahwa pihaknya tidak pilih kasih dalam pengurusan NPWP, malahan sangat terbuka lebar bagi masyarakat yang akan mengurus pajak.

“Kita tidak pilih kasih, jadi siapa saja yang akan mengurus NPWP tetap dilayani, memang saat ini jaringan sedang rusak, namun jika ingin memberikan permohonan lewat kami boleh juga, nanti akan kita upayakan penyelesaiannya antara satu atau dua hari, sebab, kita harus bawa dulu ke Tapaktuan,” sebutnya singkat. [by – Rizal]

To Top