Sosial

Pemerintah Pusat Himbau Kibarkan Bendera 5 Hari, Di Aceh 1 Bulan

Pemerintah Pusat Himbau Kibarkan Bendera 5 Hari, Di Aceh 1 Bulan

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Pusat menghimbau kepada seluruh rakyat Indonesia agar mengibarkan bendera Merah Putih selama 5(lima) hari dalam rangka HUT RI ke-70. Namun di Provinsi Aceh beredar himbauan kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera selama satu bulan.

Himbauan pemerintah pusat ini tertuang dalam surat yang bernomor B-725/M.Sesneg/Sesmen/TU.00.04/08/2015 ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-Hari Nasional, Pratikno, Jum’at (7/8/2015).

Dalam surat itu, Pratikno menghimbau agar seluruh masyarakat, instansi pemerintah maupun lembaga swasta mengibarkan bendera merah putih selama lima hari berturut-turut sejak 14 – 18 Agustus 2015, sesuai dengan Ketentuan Pasal 27, Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan.

Sementara itu di Aceh juga beredar himbauan dari pemerintah kecamatan yang pernah diterima media ini. Edaran tersebut meminta masyarakat menaikkan bendera Merah Putih  di depan toko, tempat usaha, rumah mulai tanggal 1 Agustus 2015 pukul 07.00 wib dan diturunkan pada tanggal 30 Agustus 2015 pukul 18.00 wib.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno juga menghimbau warganya di daerah untuk dapat menyaksikan siaran langsung Pidato Kenegaraan pada tanggal 14 Agustus 2015.

Kemudian pada 17 Agustus 2015 upacara terpusat di ibukota provinsi dan ibukota kabupaten kota sesuai dengan tema yang sudah ditentukan yaitu “Ayo Kerja”.

Penyelenggaraan acara hiburan di daerah berdasarkan surat tersebut hendaknya dimeriahkan dengan diskusi dan seminar. Untuk acara hiburan tidak hanya terpusat di ibukota provinsi dan kabupaten kota tapi juga dapat berlangsung di kecamatan dan di desa-desa serta berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat.

Kegiatan hiburan dapat mengedepankan hiburan khas daerah/tradisional sehingga hakekat peringatan dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat benar-benar terwujud. [Red]

To Top