Sosial

Merah Putih Berkibar di Pulau Terkecil Abdya

Merah Putih Berkibar di Pulau Terkecil Abdya
Sang Saka Merah Putih Di Bawa Ke Pulau Gosong, Abdya

ACEHTERKINI.COM | Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) bersama sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) setempat menggelar kegiatan pengibaran bendera merah putih di pulau gosong, yang merupakan pulau terkecil di Abdya, Minggu (16/8/2015).

Dengan menempuh jarak lebih kurang 20 menit, pengibaran bendera merah putih berlansung khitmat dibawah komando Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono SIP yang turut disaksikan Kajari Blangpidie Umar Z SH MA, Wakapolres Abdya Kompol Wahyudi Sabhara, Koordinator pelaksana Nasruddin Oos dan bertindak sebagai komandan upacara Samsul Kahar.

Prosesi dalam pelaksanaan upacara tersebut, bendera merah putih dibawa dari dalam lautan berjarak 100 meter dari bibir pantai oleh tim penyelam Diving Clup Abdya, setelah tiba di bibir pantai, tim penyelam lansung menyerahkan bendera kepada Inspektur Upacara Dandim Suhartono yang turut dipandu tim pasukan pengibar bendera kabupaten (Paskibraka).

Setelah bendera berkibar, Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Suhartono, dalam amanatnya menyampaikan, kalau kegiatan tersebut merupakan yang pertama sekali dilakukan di Abdya.

“Ini bentuk kebanggaan demi tanah air, bukan hanya kita kegiatan seperti ini juga dilakukan sejumlah pemuda di Indoensia, demi menjaga keutuhan NKRI, dan ini merupakan agenda tahunan nantinya,” ungkap Dandim Suhartono.

Dikatakan, ada dua kegiatan pengibaran bendera sepeti ini dalam menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-70, sebelumnya telah dilakukan pengibaran di puncak gunung komplek perkantoran Abdya, kemudian terlaksana di Pulau Gosong.

“Pulau ini memang kecil, tapi sejengkal tanah di Indonesia harus kita pertahankan termasuk pulau ini,” ujarnya.

Untuk itu, Dandim Suhartono mengharapkan, dengan terlaksananya kegiatan ini, masyarakat akan terpupuk rasa cinta kepada tanah air dan terus mempertahankan keutuhan NKRI terutama menciptakan rasa aman dan damai.

Sebelum bergerak ke Pulau Gosong, acara tabur bunga di Makam Pahlawan Tengku Peukan juga berlansung di Masjid Jamik, Baitul Adhim, Kecamatan Blangpidie.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, yang turut disaksikan, Wakil Bupati Abdya Erwanto SE MA, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Suhartono SIP, Kajari Blangpidie Umar Z SH MH, Wakapolres Abdya Kompol Wahyudi Sabhara, Plt Sekda Abdya Thamren, para SKPK dan sejumlah personel TNI/Polri. (Rizal)

To Top