Sosial

Jalankan Qanun Tenaga Kerja, Buruh di Aceh Datangi Kantor Gubernur Aceh

Jalankan Qanun Tenaga Kerja, Buruh di Aceh Datangi Kantor Gubernur Aceh
Habibie Inseun Pimpin Orasi Buruh di Aceh

ACEHTERKINI.COM | Para buruh di Aceh akan menyampaikan aspirasinya melalui unjuk rasa yang digelar, Selasa (1/9/2015) di Gedung DPRA dan Kantor Gubernur Aceh. Ketua Aliansi Buruh Aceh, Saifulmar mengatakan, aksi ini serentak secara nasional.

Kepada acehterkini, Senin (31/8/2015), ia menjelaskan sejumlah tuntutan akan disampaikan kepada Anggota DPRA dan Pemerintah Aceh yaitu Jaminan Pensiun bagi buruhb  dengan manfaat 70 persen dari gaji terakhir harus dijalankan.

“Kami juga akan menuntut tolak upah murah dan penghapusan system outsourcing serta pelaksanaan Qanun Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Ketenagakerjaan,” kata Saifulmar yang didampingi Wakil Ketua Aliansi Buruh Aceh, Habibie Inseun.

Sementara itu Presiden KSPI, Said Iqbal dalam pesan singkatnya yang diterima acehterkini, menjelaskan aksi nasional ini akan digelar di 20 provinsi termasuk Aceh.

“Aksi di daerah akan dipusatkan di kantor gubernur masing-masing. Kita menuntut Pemerintah Pusat agar menurunkan harga BBM dan Sembako dan menolak ancaman PHK kepada buruh menyusul lemahnya nilai rupiah,” katanya.

Kemudian, tuntutan lain adalah upah minimum tahun 2016 dinaikkan minimal 22 persen dan pengangkatan pekerja outsourcing di BUMN. [Red]

To Top