Sosial

Hari Ini, 332 Pengungsi Rohingya Tempati Shelter ACT

Hari Ini, 332 Pengungsi Rohingya Tempati Shelter ACT
Shelter ACT untuk Rohingya

ACEHTERKINI.COM | Hari ini, Kamis (6/8/2015) sebanyak 332 pengungsi Rohingya di Aceh Utara menempati pemukiman baru bantuan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) di kawasan Blang Ado.

Sekda Aceh Utara, Isa Ansari mengatakan pengungsi Rohingya yang sebelumnya menempati Gedung BLK akan dipindahkan ke Shelter ACT di kawasan Blang Ado.

Sementara itu Koordinator Komite Nasional Solidaritas untuk Rohingya, Dicky Saputra dalam keterangan tertulisnya mengatakan pemindahan 332 pengungsi Rohingya merupakan hasil kesekapatan antara Dinas Sosial Aceh Utara, IOM, Imigrasi, ACT dan Working Group.

Jelang pemindahan, katanya, kepada pengungsi juga sudah dilakukan sosialisasi terkait ketertiban dan keamanan mereka.

“Kita tekankan soal kebersihan. Para pengungsi kita minta untuk bisa menjaga lingkungan yang asri yang telah kita siapkan agar terjaga kebersihannya. Termasuk mereka harus merawat taman dan pepohonan yang ada di dalam lingkungan shelter,” tegas Dicky.

Sementara untuk peresmian shelter, direncanakan akan dilakukan oleh Wakil Gubernur Aceh, Muzakkir Manaf dan dihadiri oleh Presiden ACT, Ahyuddin, Bupati Aceh Utara, serta para tokoh ulama, tokoh masyarakat, dan unsur Muspida Plus.

“Untuk peresmian shelter juga ditetapkan tanggal 13 Agustus,” imbuhnya.

Shelter ACT Blang Adoe, disiapkan untuk menampung 332 pengungsi, dengan fasilitas lengkap seperti rumah ibadah, ruang belajar, taman bermain, klinik kesehatan, dapur umum, MCK, air bersih, dan lingkungan hijau. [Red]

To Top