Ekonomi

Harga Sawit Anjlok, Petani di Aceh Singkil Diminta Beralih Usaha Lain

Harga Sawit Anjlok, Petani di Aceh Singkil Diminta Beralih Usaha Lain
Sahbudin

ACEHTERKINI.COM | Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Aceh Singkil, Sahbudin mengatakan, harga Tanda Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Aceh Singkil kini anjlok.

“Merosotnya harga TBS ini mengakibatkan turunnya penghasilan dan daya konsumsi masyarakat khususnya petani sawit di Aceh Singkil,” kata Sahbudin menjawab acehterkini, Kamis (27/8/2015).

Masyarakat di Aceh Singkil, kata Sahbudin sebahagian besar mengadalkan penghasilannya dari hasil komoditi buah sawit. “Daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok sudah mulai menurun,” ujar dia.

Tambahnya, harga TBS Kelapa Sawit turun dari harga Rp1.000 per kilogram menjadi Rp500 per kilogram. “Dikhawatirkan akan berpengaruh meningkatnya kriminalitas seperti pencurian,” kata Sahbudin.

Menurutnya, cara yang cepat untuk mengantasipasi hal tersebut adalah petani sawit harus bisa beralih kepada usaha-usaha tani lainnya diantaranya seperti usaha tani padi.  Pasalnya usaha tersebut termasuk salah satu program pemerintah dalam menyukseskan swasembada pangan.

“Kita sudah melakukan sosialisasi agar petani tidak panik, kita himbau agar bisa beralih lewat usaha lain seperti usaha padi dalam menyongsong swasembada pangan, ini akan lebih menjanjikan untuk penghasilan petani di Aceh Singkil,” demikian Kepala Dinas Pertanian Aceh Singkil, Sahbudin optimis. [Jamaluddin]

To Top