Ekonomi

Guru Abdya Mengeluh, Sertifikasi Triwulan II Belum Cair

Guru Abdya Mengeluh, Sertifikasi Triwulan II Belum Cair

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah guru yang lulus sertifikasi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluh, pasalnya hingga akhir bulan Agustus 2015, tunjangan sertifikasi triwulan ke dua juga belum cair. Seharusnya dana tersebut mesti dibayar pada bulan Juli lalu.

Salah seorang guru di Abdya, Selasa (25/8/2015) mengaku, hingga sekarang Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Abdya belum juga membayar tunjangan sertifikasi untuk triwulan ke dua. Kalau triwulan pertama sudah dibayar pada bulan Mei 2015 lalu.

“Belum ada keterangan yang jelas dari Disdik, kapan tunjangan itu akan cair, padahal kami sangat berharap dana itu segera cair, karena hingga saat ini kami sudah banyak terlilit utang,” ungkapnya.

Disamping itu, pihak dinas memberikan laporan untuk perubahan data terlalu lamban, sehingga telat diperbaiki, seharusnya pemberitahuannya lebih awal, agar perubahan usulan data tidak terlambat.

“Kami tidak menuntut banyak dari dinas terkait, selain itu juga tidak menyalahkan siapapun, meski sudah terlambat di bayar itu tidak masalah, yang penting dana sertifikasi itu bisa dicairkan dengan segera,” kata sejumlah tenaga pendidik saat ditemui acehterkini.

Dikatakan, tunjangan sertifikasi tersebut, dibayar berdasarkan gaji pokok. Menurut keterangan pihak dinas, keterlambatan pembayaran itu akibat banyaknya data usulan pembayaran sertifikasi (Amprah) yang salah.

“Bukan sekolah kita saja, namun juga sekolah-sekolah lainnya, makanya tidak ada kepastian kapan dana itu cair, untuk itu hingga saat ini kami hanya bisa menunggu dan berharap dana itu segera cair,” demikian singkatnya.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Abdya, Yusnaidi, membenarkan bahwa pihaknya terlambat mencairkan dana sertifikasi tersebut karena ada sejumlah administrasi yang harus diperbaiki.

“Banyak data usulan yang harus diperbaiki kembali, sehingga pencairannya terlambat, memang benar harus dicairkan pada bulan Juli lalu, namun harus dimaklumi bahwa bukan hanya satu sekolah saja yang diurus, tapi banyak sekolah-sekolah lainnya juga,” ungkapnya.

Namun saat ini, kepada sejumlah guru tidak perlu khawatir karena untuk pencairan dana sertifikasi triwulan II tersebut sedang dalam proses.

“Saat ini berkasnya sudah di Keuangan, kita tunggu saja dalam satu atau tiga hari ini, yang jelas sedang dalam proses,” singkatnya. [Rizal]

To Top