Sosial

Gubernur Aceh Buka MTQ Provinsi Ke-32, Diikuti 1.227 Peserta

Gubernur Aceh Buka MTQ Provinsi Ke-32, Diikuti 1.227 Peserta
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar dan Bupati Nagan Raya, HT Zulkarnaini Membuka Secara Resmi MTQ Ke 32 Tingkat Provinsi Aceh, 19 Agustus 2015

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Aceh ke-32 di Kabupaten Nagan Raya, Rabu (19/8/2015) pukul 23.00 wib. Kegiatan ini akan berakhir pada Rabu, 26 Agustus 2015 pekan depan.

Tiba di Nagan Raya sore hari, Gubernur bersama Wali Nanggroe Aceh membuka Pawai Taa’ruf yang diikuti oleh ribuan kafilah dari masing-masing kabupaten kota di Aceh.

Kemudian malamnya, kegiatan puncak, Qari terbaik Aceh yang pernah meraih Tukey International Holy Qur’an Memorization and Recitation Competition di Istanbul, Takdir Feriza Hasan mengawali pembukaan dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Selain Takdir, pemerintah juga mengundang Darwin Harahap, Qari terbaik international yang sontak membuat pengunjung terkesima dan tidak beranjak dari tempatnya.

Pembukaan MTQ Ke-32 yang dipusatkan di Alun-Alun Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya ini bertajuk “Mewujudkan Insan Cinta Kitabullah menuju Aceh Dinul Islam yang Berkah” diikuti 1.227 peserta dengan 10 cabang yaitu Tartil Qur’an untuk putra dan putri, Tilawatil Qur’an (kanak-kanak, remaja dan dewasa) dan Cacat Netra, Qiraat Sab’ah (remaja dan dewasa), Hifzil Qur’an ((1, 5, 10, 20 dan 30 Juz) dan Tafsir Qur’an untuk golongan Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Kemudian, cabang Fahmil Qur’an untuk putra dan putri, Syarhil Qur’an putra putri, cabang Khatil Qur’an dan MMQ (Musabaqah Makalah Qur’an).

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan, pelaksanaan MTQ sejatinya menjadi cerminan sekaligus seruan kepada seluruh ummat di dunia, bahwa sesungguhnya Islam adalah agama yang teduh dan damai. Islam cinta keadilan dan menjauhi kekerasan.

Gubernur Aceh Buka MTQ Provinsi Ke-32, Diikuti 1.227 Peserta
Pembukaan MTQ Ke-32 di Nagan Raya

“Islam, juga menolak kebencian dan fitnah. Islam selalu menganjurkan persatuan, kebersamaan dan ukhuwah,” ungkap Doto Zaini, dalam sambutannya.

Gubernur menyebutkan, bahwa Al-Qur’an yang merupakan Kalamullah diturunkan sebagai tuntunan dan pegangan bagi umat manusia. Dengan susunan kata yang indah, kalimat yang jelas dan terang, serta gaya bahasa yang mengagumkan, kitab suci Al-Qur’an merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering.

Pemahaman yang utuh terhadap nilai-nilai universal Al-Qur’an, lanjut Doto Zaini, juga dapat memberikan kontribusi dalam membangun tatanan dunia yang aman, adil, dan bermartabat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengajak Abu-abu, para ulama dan tokoh pesantren di Aceh untuk terus memberikan pemahaman keagamaan kepada masyarakat dengan tata cara yang teduh dan toleran sesuai azas Islam.

Hadir dalam acara pembukaan MTQ Ke-32 Tingkat Provinsi Aceh adalah Sekda Aceh Dermawan, Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda, Asisten II Setda Aceh Azhari, Kadis Syariat Islam Aceh Prof Syahrizal Abbas, Karo Umum Setda Aceh T Aznal Zahri, Karo Humas M Ali Alfata.

Selain itu, juga hadir Para Bupati/Walikota se-Aceh, Ketua MPU Aceh, Ketua MAA, para ulama, tokoh adat, jajaran Kanwil Kemenag Aceh, keluarga besar LPTQ Aceh, Pejabat dan pimpinan perusahaan, BUMN, dan ratusan tamu undangan lainnya. [Red]

To Top