Nasional

Din Syamsuddin: Waspadai Potensi Bahaya Ancam Muhammadiyah

Din Syamsuddin: Waspadai Potensi Bahaya Ancam Muhammadiyah
Din Syamsuddin

ACEHTERKINI.COM | Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2010-2015 Din Syamsuddin mengingatkan, potensi bahaya sedang mengancam organiasi umat Islam terbesar kedua itu.

“Saya mengingatkan kepada Pak Haedar dan jajarannya untuk pandai dan cermat memimpin Muhammadiyah agar dapat membawa organisasi tersebut mengembangkan visi dan misinya yakni melakukan pencerahan,” kata Din dalam pidatonya pada serah terima jabatan, di kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, Jumat (7/8/2015).

Menurutnya, potensi bahaya yang mengancam Muhammadiyah adalah adanya dua kelompok yang memiliki paradigma berbeda yang menginginkan Muhammadiyah dapat mengikuti paradigma tersebut.

Kelompok pertama, kata dia, menginginkan agar Muhammadiyah menjadi organisasi ekslusif serta kelompok kedua oranisasi yang liberal.

“Muhammadiyah harus tetap berjalan lurus dalam mengambangkan dakwahnya, karena kalau tidak tetap lurus maka dapat mengalami guncangan,” katanya.

Din menegaskan, Muhammadiyah bersikap independen, tidak berafiliasi pada kekuatan politik manapun tapi terbuka untuk menjalin komunikasi dengan siapapun.

Menurut dia, Muhammadiyah harus terus berorientasi pada aksi dalam menjalankan dakwahnya.

Pada kesempatan tersebut, Din juga menyatakan pujian terhadap 13 nama anggota PP Muhammadiyah yang disebutnya sebagai figur-figur yang layak memimpin Muhammadiyah.

Dari 13 nama tersebut, sembilan adalah wajah lama yakni anggota PP Muhammadiyah periode 2010-2015 serta empat wajah baru yakni Busyro Muqoddas, Muhadjir Effendi, Suyatno, dan Hajriyanto Y Thohari. [Inilah]

To Top