Sosial

Beredar Nama Putra Aceh Sebagai Dubes RI untuk Inggris

Beredar Nama Putra Aceh Sebagai Dubes RI untuk Inggris
Rizal Sukma

ACEHTERKINI.COM | Beredar nama-nama Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia yang akan ditempatkan ke sejumlah Negara, salah satunya Rizal Sukma putra kelahiran Lhoksukon Aceh diisukan menjadi Dubes RI untuk Inggris.

Nama-nama yang beredar di dunia maya dan media social ini muncul nama Deputi Direktur Eksekutif bidang politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Rizal Sukma.

Dilansir wikepedia, Rizal Sukma juga termasuk salah satu tokoh yang mendeklarasikan Partai Nasdem.

Dikutip dari Sindonews, Jum’at (7/8/2015) terkait beredarnya nama-nama tersebut, pihak Kementerian Luar Negeri masih enggan memberikan komentar soal kebenaran nama-nama ujong tombak diplomasi Indonesia di luar negeri itu.

Putra Kelahiran Lhoksukon, Aceh adalah alumni SMAN 1 Lhokseumawe angkatan 1983. Rizal menamatkan kesarjanaanya dari jurusan Hubungan International Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Doktor ilmu politik dari London School of Economics and Political Studies ini bergabung dalam tim pakar yang membantu Jokowi sejak kampanye pemilu presiden lalu. Rizal Sukma merupakan penasihat dekat Jokowi untuk isu-isu politik internasional.

Ia juga pernah menjadi Ketua Lembaga Hubungan Luar Negeri PP Muhammadiyah dan pernah menjadi intelektual Indonesia yang masuk dalam daftar 100 pemikir global versi majalah Foreign Policy, Amerika Serikat pada Edisi Desember 2009.

Informasi yang ditelusuri acehterkini, Rizal Sukma akan menggantikan Dubes RI di Inggris, Teuku Mohammad Hamzah Thayeb kelahiran Paris, mewariskan keturunan Aceh (Pereulak) dari ayahnya, Teuku Mohammad Hadi Thayeb mantan Gubernur Aceh tahun 1981-1986. [sd/red]

To Top