Nasional

Alhamdulillah, Tahun Depan PNS Dapat THR Satu Bulan Gaji

ACEHTERKINI.COM | Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) mulai tahun depan.

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dikutip dari laman Kementerian Keuangan, Rabu (19/8/2015).

Lebih lanjut Menkeu mengungkapkan, besaran THR yang akan diterima adalah sebesar satu bulan gaji pokok.

“Mulai tahun depan PNS akan menerima THR sebesar satu bulan gaji pokok. Kalau dihitung secara take home pay, lebih baik daripada kenaikan gaji PNS yang biasanya cuma sebesar inflasi,” ungkap Menkeu.

Namun demikian, sesuai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun anggaran 2016, tahun depan, pemerintah tidak akan memberikan kenaikan gaji kepada PNS.

Seperti diketahui, untuk meringankan beban PNS dalam menghadapi inflasi, pemerintah biasanya memberikan kenaikan gaji PNS setiap tahunnya.

Menkeu menambahkan, selain THR, pemerintah juga berencana untuk tetap memberikan gaji ke-13 kepada PNS pada tahun depan.

“Kita ingin meningkatkan pendapatan riil aparatur pemerintah. Mulai tahun depan PNS akan menerima THR, di samping gaji yang 13 bulan,” katanya. [red]

To Top