Ekonomi

Alhamdulillah, Kesuburan Padi di Abdya Sudah 90 Persen

Alhamdulillah, Kesuburan Padi di Abdya Sudah 90 Persen
Kepala Dinas Peternakan Abdya Pantau Kesuburan Padi di Lahan Masyarakat, 12 Agustus

ACEHTERKINI.COM | Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Maswadi mengatakan, kalau secara keseluruhan upaya para petani, dibantu instansi terkait telah menampakan tanda-tanda keberhasilan yang memuaskan.

Dari pantauan di seluruh areal persawahan mulai dari Kecamatan Babahrot hingga Lembah Sabil, tanaman padi tumbuh subur dengan peningkatan umur padi yang bervariasi.

Secara umum tingkat kesuburan tanaman padi dalam wilayah Abdya maksimal dan telah mencapai 90 persen, dari keseluruhan luas areal tanaman padi yang tersebar di sembilan kecamatan 8.904,03 hektare menurut Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Abdya dan sudah terlihat mulai tumbuh subur.

“Rata-rata tanaman padi mulai mengeluarkan buah dan sebagiannya lagi dalam keadaan membunting,” ujarnya saat meninjau keberhasilan program upaya khusus padi, jagung dan kedele (Upsus Pajale) di areal persawahan gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu (GPP-TT) di Desa Gadang Kecamatan Susoh, Rabu (12/8/2015).

Keberhasilan yang telah dicapai hingga sekarang tidak terlepas dari sebuah kerja sama yang baik antara petani dengan Distannak, para penyuluh termasuk TNI di lapangan.

Hal itu terbukti, sejak dari awal penanaman padi melalui program tanam serentak hingga dengan penggunaan pola tanaman, petani terlihat antusias dan bersemangat untuk meningkatkan hasil produksi padi pada musim tanam tahun ini.

Dalam upaya pencapaian target program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) pemerintah dan program ketahanan pangan nasional telah banyak mengeluarkan rekomendasi untuk diaplikasikan oleh petani.

Salah satu rekomendasi ini adalah penerapan sistem tanam yang benar dan baik melalui pengaturan jarak tanam yang dikenal dengan sistem tanam jajar legowo yang saat ini telah banya digunakan oleh para petani Abdya.

Ia berharap, dengan melihat tingkat kesuburan tanaman padi hingga saat ini, target produksi gabah di Abdya sekitar 7,80 ton per hektar dapat tercapai hendaknya serta mampu menambah angka pendapatan bagi para petani Abdya. “Kita optimis akan hal itu,” ujarnya singkat. [Rizal]

To Top