Sosial

87 JCH di Aceh Barat Daya Ikut Manasik Haji

87 JCH di Aceh Barat Daya Ikut Manasik Haji
Manasik Haji di Abdya

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 87 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti manasik tingkat kabupaten yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Abdya di Mushalla Yayasan Wal’asri, Desa Babahlok, Kecamatan Blangpidie, Selasa (11/8/2015).

Kankemenag Abdya menyelenggarakan acara tersebut selama dua hari (11-12) Agustus 2015. Dimana sejumlah JCH tersebut akan berangkat dari Kabupaten Abdya pada tanggal 8 September 2015, kemudian masuk ke Asrama Haji di Banda Aceh pada tanggal 10 September mendatang.

JCH Abdya akan tergabung dalam kloter 2 bersama dengan JCH dari Kabupaten Aceh Selatan, Simeulue, Subulussalam, Singkil, Banda Aceh dan Sabang dengan jumlah 393 orang.

Kepala Kankemenag Abdya, H Arijal, usai pembukaan acara manasik tingkat Kabupaten tersebut menjelaskan, sebelumnya pelaksanaan manasik sudah berlansung di setiap kecamatan, sejak tanggal 4 sampai dengan 7 Agustus lalu.

“Jadi dalam pelaksanaan manasik hari ini, kita hanya melakukan pembekalan mengenai teknis dan kebijakan selama pelaksanaan Ibadah Haji,” ungkapnya.

Di tingkat kecamatan, lanjut Arijal, pelaksanaan manasik terbagi dalam tiga wilayah, untuk wilayah satu terdiri dari Kecamatan Babahrot, Kuala Batee dan Jeumpa yang berlokasi di Mesjid Sikabu, Kecamatan Kuala Batee, kemudian untuk wilayah dua terdiri dari Kecamatan Blangpidie dan Susoh berlokasi di Mesjid Pancasila, Susoh.

Selanjutnya untuk wilayah tiga yakni Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan dan Setia berlokasi di Kantor Urusan Agama (KUA) Manggeng.

“Karena jumlah JCH di wilayah tiga terlalu sedikit maka pelaksanaan manasik berlansung di KUA Manggeng, berbeda dengan wilayah satu dan dua, jumlahnya lebih banyak sehingga pelaksanaan manasik berlansung di Mesjid,” kata Arijal.

“Besok masing-masing JCH akan diberikan Koper, Pakaian Ihram, Mukena bagi perempuan dan Bakal Batik,” sebut Arijal lebih lanjut. (Rizal)

To Top