Sosial

5 Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Aceh

ACEHTERKINI.COM | Berkunjung ke Aceh, paling barat Pulau Sumatera, anda wajib menyambangi pantai-pantai indah di sepanjang pesisir Aceh.

Di Aceh, anda akan berhadapan di kanan-kiri laut, apalagi jika anda menuju wilayah pantai barat selatan Aceh. Indahnya panorama dari Lhoong, Aceh Besar sampai Pulau Banyak, Aceh Singkil dijamin anda akan betah dan berulang kali pergi ke Aceh.

Dari sekian banyak wisata pantai yang indah, acehterkini.com mengupas kembali 5(lima) destinasi wisata pantai yang wajib anda kunjungi jika berada di Aceh :

Pantai Rubiah Sabang

5 Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Aceh
Rubbish Island [mostbeatifulbeaches]

Letaknya di Kota Sabang, Pantai ini paling banyak dikunjungi Warga Negara Asing (WNA). Sebelum ke pantai ini, anda bisa menikmati tugu nol kilometer Indonesia, pantai gapang, pantai iboh.

Lalu anda naik perahu atau sampan menuju pulau Rubiah. Anda akan merasakan ketenangan, kenyamanan di Pulau Rubiah. Cukup merogoh kocek Rp300 ribu hingga kembali lagi ke Iboih.

Jangan lupa bawa pancing untuk memancing atau bawa alat-alat menyelam. Anda pasti akan sangat terkesan begitu melihat keindahan bawah laut di Pulau Rubiah. Anda akan kembali ke pulau ini dengan orang-orang yang lebih ramai lagi. Keindahan bawah laut di Pulau Rubiah bak akuarium raksasa.

Pulau ini banyak menyimpan sejarah. Memiliki luas 50 hektar lebih kurang, Pulau ini ternyata pernah dijadikan sebagai tempat pemukiman Calon Jamaah Haji. Disini para jamaah haji naik kapal laut menuju tanah suci. Namun pada masa perang dunia ke II, pulau ini dijadikan benteng pertahanan pasukan Belanda dan Jepang menjajah Indonesia.

Mau bermalam di Pulau Rubiah, anda tak perlu khawatir. Penginapan jenis bungalow cukup menina-bobokan anda dengan nyaman sampai pagi. Suara gemuruh ombak dan gemerciknya air menemani malam-malam anda di Pulau Rubiah. Disana juga ada penjaga yang akan melayani anda menyantap makanan dan minuman yang sangat sederhana.

Mau ke pulau ini, bersandar di pelabuhan Ulee Lheue Kota Banda Aceh. Kemudian anda menuju Sabang dengan kapal cepat atau kapal lambat.  Tiba di Balohan, anda bisa menyewa kenderaan ke Pantai Iboih dengan harga yang sangat bervariasi.

Pulau Sabang terletak di Laut Andaman, terbentang sepanjang 15 kilometer (10 mil) di ujung paling utara dari Sumatra. Pulau ini hanya pulau kecil dengan luas 156,3 km².

Terdapat empat pulau kecil yang mengelilingi Pulau Sabang, yaitu Pulau Klah, Rubiah, Seulako, dan Pulau Rondo. Di antara keempatnya, Rubiah terkenal sebagai tempat pariwisata menyelam karena terumbu karangnya. Selamat menikmati Pulau Rubiah, anda pulang dan pergi lagi.

Pantai Pasir Putih, Lhok Mee Aceh Besar

5 Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Aceh
Lhokmee Beach [mostbeatifulbeaches]

Ini lokasi mancing, anda pasti sangat berkesan jika bertandang ke pantai ini. Letaknya hanya 45 menit dari Kota Banda Aceh. Pantai Lhok Mee, begitulah namanya. Lokasinya di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Akhir pekan, pantai ini ramai dikunjungi. Melepaskan penat sambil menikmati ikan bakar menjadikan pantai ini sebagai tempat rekreasi bersama keluarga.

Beragam aktifitas banyak dilakukan disini. Keindahan bawah lautnya, terumbu karangnya, pasir putihnya, panorama alamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung ke pantai ini.

Pantai di Pulau Banyak, Aceh Singkil

5 Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Aceh
Surfing [banyakisland]

Disini anda akan melihat “Surga” dunia destinasi bahari di Aceh Singkil. Pulau Banyak masuk dalam daerah administratif Kabupaten Aceh Singkil. Letaknya di Samudara Hindia. Dua pulau besar mengapit pulau banyak diantara Pulau Simeulue dan Pulau Nias.

Menuju ke pulai ini anda bisa menggunakan kapal feri dan perahu nelayan. Ada 99 pulau sehingga dinamakan Pulau Banyak. Masing-masing pulau ada nama tersendiri.

Menikmati pulau ini, disarankan tidak hanya satu atau dua hari. Anda bisa menginap di bungalow-bungalow yang banyak tersebar di Pulau Banyak. Harga paling murah sekitar Rp80 ribu per malam.

Di Pulau Banyak, anda bisa melakukan banyak aktifitas, mulai dari memancing, surfing, diving dan snorkeling. Keindahan bawah laut di Pulau Banyak tidak akan membuat anda kecewa. “Surga” dunia ada disini, anda akan bolak-balik mengelilingi Pulau Banyak.

Dari 99 pulau, ada nama Pulau Tuanku. Disana ada berdiri Gunung Tiusa. Di atas gunung itu, anda akan melihat semua pulau di Pulau Banyak.

Pulau Banyak menjadi destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan. Selamat menikmati Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil.

Pantai di Pulau Simeulu

5 Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Aceh
Simeulue Island [surfshot]

Pulau Simeulue merupakan salah satu pulau yang mungil. Pulau ini ternyata menyimpan panorama yang sangat indah dengan pemandangan pantainya yang biru dan pasir putih yang dimilikinya hampir disetiap pesisir pantai di Pulau Simeulue ini.

Tidak heran kalau wisatawan dari berbagai negara betah di Pulau ini, bahkan sampai menetap di pulau simeulue karena melihat keindahannya.

Kabupaten Simeulue merupakan gugusan kepulauan terdiri dari 41 pulau besar dan kecil. Kepulauan ini terletak di Samudra Indonesia, 105 mil laut (194,46 kilometer) dari Meulaboh, Aceh.

Pulau ini memanjang hingga 100,2 kilometer dan lebarnya 8 kilometer sampai 28 kilometer. Luas Pulau Simeulue mencapai 199.502 hektar.

Untuk mencapai Simeulue, Anda dapat menggunakan pesawat terbang dari Jakarta ke Medan, kemudian berlanjut terbang dari Medan ke Sinabang, ibu kota Simeulue, menggunakan pesawat jenis cessna atau foker.

Bila Anda memiliki waktu luang dan ingin menikmati jalur darat dan laut, cobalah menggunakan kapal feri. Tapi harus melewati Tapak Tuan dengan jarak tempuh sekitar 12 jam dari Medan. Kemudian naik feri yang butuh waktu 8 jam menuju Simeulue dari Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan.

Di Simeulue tidak ada angkutan umum, selain becak motor. Untuk keliling pulau, pelancong dapat menyewa mobil bertarif Rp 350.000 atau sepeda motor Rp 75.000-Rp 100.000 per hari.

Bagi para peselancar, Pulau Simeulue adalah surga. Ombak dengan ketinggian 5 meter, laut bersih, dan langit cerah menjadi idaman banyak peselancar. Apalagi, Simeulue belum banyak dikunjungi orang sehingga membuat peselancar leluasa menyalurkan hobinya.

Setidaknya ada delapan lokasi yang strategis untuk berselancar, yakni pantai Nancala, Matanurung Busung, Alus-alus, Salur, La’ayon, Pulau Batu Berlayar, Pulau Mincau, dan Pulau Teupah.

Pelancong yang belum ahli berselancar bisa juga menikmati keindahan laut dengan snorkeling. Lokasinya hampir di semua pantai di Simeulue. Lokasi yang menjadi andalan antara lain Pulau Si Umat, Teupah Barat, Simeulue Timur dan Simeulue Cut

Laut Simeulue juga menggoda pelancong untuk menyelam atau memancing. Tak sedikit pelancong yang khusus datang ke Simeulue untuk mendapatkan sensasi memancing ikan-ikan ukuran besar.

Pantai Batu Berlayar, Aceh Selatan

5 Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Aceh
Pantai Batu Berlayar (pasirpantai]

Pantai indah dengan air yang jernih. Segarnya angin pantai menyapu dedaunan pohon bakau yang terendam air. Putihnya pasir berkilauan diterpa hangatnya cahaya mentari menambah keindahan pantai ini.

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Samadua dengan jarak yang dapat kita tempuh sekitar 17 kilometer baik menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan menyewa kendaraan umum dari pusat Ibu kota kabupaten aceh selatan yaitu Kota Tapak Tuan.

Pengunjung yang datang ketempat wisata ini bukan hanya berasal dari wilayah sekitar tetapi ada juga yang dari daerah lain di kabupaten aceh selatan.

Wisata pantai ini dapat kita sambangi dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.  Disini kita akan dapat menikmati keindahan pantai, terutama yang penghobi mancing dapat menyalurkan kegemarannya di pantai ini. [Red]

To Top