Sosial

162 Ekor Ternak Meriahkan Expo Ke-VI Tingkat Provinsi di Takengon

162 Ekor Ternak Meriahkan Expo Ke-VI Tingkat Provinsi di Takengon
Sapi Aceh

ACEHTERKINI.COM | Expo ternak ke VI tingkat Provinsi Aceh kembali digelar di Lapangan H. Muhammad Hasan Gayo Blang Bebangka Pegasing. Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin membuka secara resmi expo ternak yang diikuti 23 kabupaten kota di Aceh, Jum’at (21/8/2015).

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Aceh Tengah, Rahmandi mengatakan, expo ternak di Aceh Tengah kali ini menghadirkan 162 ekor ternak dari 23 kabupaten kota.

Ia menjelaskan 162 ekor ternak tersebut terdiri dari 23 ekor sapi Aceh jantan dan betina, 22 ekor kerbau, 29 ekor sapi bali hasil Inseminasi Buatan, 24 ekor sapi Limosin, 24 ekor sapi simental, 21 ekor sapi brahman, 6 ekor kuda gayo, 2 ekor sapi kelas bebas Aceh dan 7 ekor kelas bebas hasil Inseminasi Buatan.

“Semua ternak akan dinilai oleh dewan juri dan akan ditetapkan sebagai pemenang pada acara puncak 23 Agustus 2015 nanti yang rencananya juga akan ditutup oleh Gubernur Aceh,” kata Rahmandi.

Expo ternak ini menurut Rahmandi akan semakin memotivasi kelompok tani ternak, peternak, pelaku usaha peternakan dan petugas teknis peternakan dalam mengelola dan mengembangkan usaha peternakan.

Ditambah lagi, melalui event expo diharapkan hadir kreatifitas untuk memperoleh ternak-ternak unggul lokal berupa sapi Aceh, kerbau dan kuda gayo serta ternak sapi hasil inseminasi buatan.

Selaku juara umum tahun 2014, Wakil Bupati Aceh Besar menyerahkan piala bergilir kepada panitia dalam hal ini kepala Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Aceh. Prosesi penyerahan piala turut disaksikan oleh Bupati Aceh Tengah serta unsur Forkopimda setempat.

Pembukaan Expo ternak tampak ini dihadiri Ketua TP- PKK Aceh Tengah Ny. Hj. Apini Nasaruddin, Kadis Kesehatan Hewan dan Peternakan Aceh, Ir. M. Yunus MSc, Wakil Bupati Aceh Besar Drs. H. Syamsul Rizal, M. Kes, Ketua DPRK Aceh Tengah Muchsin Hasan, Kapolres Aceh Tengah AKBP Dodi Rahmawan, Dandim 0106 Aceh Tengah Letkol Arm. Ferry Ismail, Kajari Takengon Dwi Aries Sudarto dan beberapa pejabat lainnya. [Red]

To Top