Sosial

10 Tahun Perdamaian Aceh. Ini Kata Fachrul Razi …

10 Tahun Perdamaian Aceh. Ini Kata Fachrul Razi …
Fachrul Razi M.I.P

ACEHTERKINI.COM | Anggota DPD RI asal Aceh, Fachrul Razi M.I.P mendesak Presiden RI, Joko Widodo agar menuntaskan kewajiban Pemerintah Pusat sebagaimana tertuang dalam MoU Helsinki dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh.

“Masih ada polemik antara Aceh dan Jakarta karena sikap kecurigaan dan ketakutan Pemerintah Pusat terhadap Aceh, lebih-lebih persoalan Bendera dan Lambang Aceh,” ujar Fachrul Razi, mantan Juru Bicara Partai Aceh ini dalam pesan singkatnya kepada acehterkini, Jum’at (14/8/2015).

Moment 10 tahun Perdamaian Aceh, Fachrul Razi menuntut Pemerintah Pusat agar segera memberlakukan Qanun Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Bendera dan Lambang Aceh sebagai hadiah satu dasawarsa Perdamaian di Aceh.

Tuntutan lain, Senator Aceh ini meminta Presiden RI untuk merealisasikan tanah pertanian untuk Tapol/Napol dan korban konflik seperti tertuang didalam MoU Helsinki RI-GAM.

“Saya juga berharap agar MoU Helsinki dan UUPA dapat dijadikan sebagai materi muatan Lokal pendidikan di Aceh mulai dari SD sampai perguruan tinggi,” ungkap Fachrul Razi.

Tanggal 15 Agustus adalah Hari Bersejarah Aceh, Fachrul Razi mendesak Pemerintah Aceh agar melaksanakan Sidang Tahunan setiap tanggal 15 Agustus melalui Sidang Paripurna antara DPRA, Wali Nanggroe dan Pemerintah Aceh yang berkaitan dengan Perdamaian Aceh.

Pesan terakhir, Wakil Ketua Komite I DPD RI ini mengajak semua pihak agar bekerja untuk focus pada isu Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Presiden (Perpres) yang belum selesai, antara lain; RPP Tentang Penyerahan Prasarana Pendanaan, Personil dan Dokument terkait Pengelolaan Pelabuhan dan Bandar Udara Umum, RPP Tentang Nama Aceh dan Gelar Pejabat Pemerintah Aceh sebagaimana amanat Pasa 251 Ayat (3) UUPA.

Kemudian Perpres yang mendesak adalah tentang penyerahan Prasarana, Pendanaan, Personel dan Dokument terkait dengan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah. [Red]

To Top