Peristiwa

Waspada, Suhu di Abdya Mencapai 35 Derajat Calcius

ACEHTERKINI.COM | Dalam beberapa pekan terakhir, wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) secara terus menerus dilanda cuaca panas. Bahkan suhu panas tersebut tidak hanya terjadi pada siang ataupun sore hari saja, namun hingga malam hari, suhu panas masih tetap terasa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Anwar Daud, Kamis (2/7/2015) menyebutkan berdasarkan data yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indrapuri, Aceh Besar, suhu saat ini mencapai 35-36 derajat celcius dan terjadi di seluruh wilayah Aceh.

Menurutnya, suhu panas ini disebabkan karena posisi matahari berada di belahan bumi bagian utara, sementara Provinsi Aceh yang satu kepulauan dengan Sumatera juga berada dibagian utara. Selain itu, suhu panas ini juga dipengaruhi oleh pola angin muson barat daya yang bersifat menyebar sehingga mengganggu pembentukan awan, akibatnya awan akan sulit terbentuk.

“Tidak ada awan, maka matahari langsung menembus bumi tanpa dihalangi awan, sehingga membuat suhu menjadi lebih panas,” terangnya.

Ditambahkan, tingginya terik panas dan suhu beberapa pekan terakhir diduga turut mendukung terjadinya kebakaran. Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan bahaya kebakaran.

Ia juga meminta masyarakat ikut berperan aktif untuk mencegah terjadinya kebakaran di lingkungannya masing-masing. Selain itu, pelaku berbagai jenis usaha seperti rumah makan, percetakan dan lainnya supaya dapat mengecek kembali instalasi listrik agar tidak terjadi hubungan pendek arus listrik dengan mengatur beban dan daya listrik.(Rizal)

To Top