Sosial

Tempati Shelter Baru, Pemerintah Sediakan 120 Kamar Rohingya di Aceh Utara

Tempati Shelter Baru, Pemerintah Sediakan 120 Kamar Rohingya di Aceh Utara
Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib meninjau lokasi Shelter baru ditempati Rohingya di Blang Ado, 29 Juli. [Foto : AMAPR]

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyatakan siap menampung keberadaan muslim Rohingya di Aceh. Saat berkunjung ke lokasi shelter untuk Rohingya, Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib mengatakan rakyat Aceh pernah mengalami masa sulit saat konflik dulu, kini masa sulit itu dirasakan Muslim Rohingya.

“Kita wajib membantu sesame manusia yang sedang mengalami masa sulit, tidak boleh memandang suku, agama dan ras,” ujar Muhammat Thaib, Rabu (29/7/2015) di Camp Blang Ado, Aceh Utara.

Saat ini, katanya, Pemerintah Aceh sudah menyediakan lahan seluas 5 hektar untuk pembangunan shelter dengan 120 kamar yang di tempati oleh 300 lebih pengungsi Rohingya, sementara warga Banglades di tampung di gedung bekas kantor Imigrasi Kota Lhokseumawe.

Tempat tersebut juga dibangun layaknya komplek yang sudah dilengkapi berbagai sarana, seperti kamar mandi dan air bersih yang memadai, sarana belajar bagi anak-anak, serta tempat ibadah seperi musala.

“Saat ini para pengungsi sudah menempati shelter yang baru dibangun,” ujar Cek Mad, panggilan akrab Bupati Aceh Utara.

Orang nomor satu di Aceh Utara ini juga berharap sekaligus menghimbau kepada para santri di dayah-daya di Aceh Utara agar melakukan pembinaan dan pendidikan agama kepada pengungsi Rohingya selama berada di lokasi pengungsian di Blang Ado. [Ril]

To Top