Layanan Publik

Tak Berlaku Tuslah, Organda Aceh Siapkan 400 Unit Bus AKAP

Tak Berlaku Tuslah, Organda Aceh Siapkan 400 Unit Bus AKAP
Bus AKAP di Terminal Batoh, Banda Aceh 

ACEHTERKINI.COM | Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Aceh tidak memberlakukan tuslah atau kenaikan tarif saat mudik lebaran nanti. Sedikitnya 400-500 unit bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) akan disiapkan untuk arus mudik Idul Fitri 1436 Hijriah.

Ketua Organda Aceh, Ramli kepada acehterkini, mengatakan tidak dibenarkan adanya Tuslah. “Jika ada perusahaan yang menerapkan Tuslah, warga bisa melaporkan perusahaan angkutan itu ke Organda,” kata Ramli.

Tambahnya, angkutan hanya boleh memakai tarif bawah dan tarif atas. Artinya, kalau penumpang banyak maka perusahaan memakai tarif atas, dan jika sepi penumpang maka diberlakukan tarif bawah.

Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah, kata Ramli pihak Organda menyiapkan 400 sampai 500 unit bus antar provinsi dan 4.500 unit mini bus L-300 Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Aceh.

“Jumlah ini sudah cukup, seperti tahun 2014 lalu tidak perlu ada tambahan bus Damri dari pemerintah,” ujarnya.

Terkait supir biasanya dilakukan tes urine. Ramli mengatakan seperti biasanya ada pos dari Jasa Raharja dan kesehatan melakukan tes urine bagi para supir. “Ini biasa dilakukan, mungkin tahun ini juga ada.” Ucapnya.

Sebelumnya Ketua Angkutan Arus Mudik dari Dinas Perhubungan Pemerintah Aceh, Ubaidillah mengatakan pemerintah membuka posko pada H-15 sampai H+7 lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah. Pemerintah menyiapkan 70.000 kursi penumpang menyambut arus mudik nanti. [ate]

To Top