Sosial

Minta Maaf, Jokowi Lepas Konvoi Pawai Takbiran

Minta Maaf, Jokowi Lepas Konvoi Pawai Takbiran
Jokowi Menabuh Bedug Melepas Pawai Takbiran di Aceh, 16 Juli 2015. [Akun FB Jokowi]

ACEHTERKINI.COM | Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melepas konvoi pawai keliling takbiran di depan Masjid Raya Baiturrahman sekitar pukul 21.00 wib, Kamis (16/7/2015). Pelepasan pawai takbir ini ditandai pemukulan bedug beberapa kali langsung ditabuh oleh Jokowi.

Mengenakan jas dan kain sarung warna hitam, Jokowi mengatakan lebaran bukan saja bertemu dengan pejabat tapi juga bertemu langsung dengan rakyat. “Saatnya para pejabat bertemu dengan rakyat saat suasana lebaran,” ujar Presiden.

Sejak dilantik menjadi Presiden RI, 20 Oktober 2014, Joko Widodo memilih Aceh tempat lebaran pertama. Selanjutnya mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan melanjutkan ke provinsi lain di seluruh Indonesia pada hari-hari besar keagamaan.

Di Akun Facebooknya, Presiden RI, Joko Widodo melantunkan permohonan maaf kepada seluruh Rakyat Indonesia.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tumbuh dalam semangat silaturahim. Bangsa yang menjadikan persatuan sebagai sebuah kekuatan. Bangsa yang selalu membuka pintu maaf seluas ikhlas,” tulis Jokowi di Akun Facebooknya.

“Saya senang sekali merayakan malam lebaran di Aceh yang penuh dengan kedamaian,” kata Jokowi lagi.

Tiba di Aceh pada 15 Juli 2015, Jokowi menyerahkan paket sembako kepada masyarakat kurang mampu di Kuala Bubon dan Desa Suak Ribee, Kabupaten Aceh Barat. Penyerahan paket sembako juga dilakukan di Desa Kuala Rubeek, Kabupaten Nagan Raya.

Kemudian Jokowi kembali ke Ibukot Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh dan berbuka puasa bersama di Warung Hasan III. Kemudian malamnya Jokowi melepas pawai takbir di depan Masjid Raya Baiturrahman.

Agenda RI-1 pada 16 Juli 2015, Jokowi akan melaksanakan Shalat Ied di Masjid Raya Baiturrahman. Dari masjid raya, Jokowi menyerahkan paket sembako di kawasan situs tsunami PLTD Apung di Desa Punge Blangcut dan di Masjid Besar Makam Pahlawan.

Setelah Shalat Jum’at di Masjid Agung Al-Makmur Lamprit Kota Banda Aceh, Jokowi akan bertolak ke Surakarta pada Pukul 15.00 wib.

Kunjungan Jokowi ke Aceh selama menjadi Presiden RI adalah yang kedua setelah sebelumnya meresmikan Proyek Irigasi Krueng Keureto di Aceh Utara pada 9 Maret 2015. [red]

To Top